Perempuan Tertua di Dunia Meninggal pada Usia 117 Tahun

Perempuan Tertua di Dunia Meninggal pada Usia 117 Tahun

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Nabi Tajima, perempuan tertua di dunia meninggal dunia Sabtu lalu (21/4). Perempuan asal Jepang tersebut meninggal dalam usia ke-117 tahun. Nabi Tajima meninggal di sebuah rumah sakit di Pulau Kikai, wilayah Kagoshima, Jepang.

Dilansir AFP, Minggu (22/4), Perempuan Jepang bernama lengkap Nabi Tajima itu mengembuskan napas terakhir kali pada Sabtu (21/4) sekitar pukul 20:00 waktu setempat.

Berita kematian perempuan tertua tersebut dikonfirmasi oleh seorang pejabat kesehatan dan kesejahteraan setempat, Susumu Yoshiyuki.

"Nenek Tajima tinggal di sebuah panti jompo untuk orang tua. Pada bulan Januari, kondisinya semakin lemah. Oleh karena itu dia dibawa ke rumah sakit setempat," kata Yoshiyuki.

Sebelumnya, Tajima dinobatkan sebagai perempuan tertua di Jepang pada September 2015. Dia kemudian dianggap sebagai  perempuan tertua di dunia setelah posisi perempuan tertua di dunia asal Jamaika, Violet Brown, meninggal dunia pada September 2017 di usia 117.

"Dia meninggal di sana (Sabtu) karena usianya yang lanjut," imbuhnya.

Menurut laporan media lokal setempat, The Asahi Shimbun, Tajima lahir pada 4 Agustus 1900. Selama hidupnya, Tajima  memiliki lebih dari 160 keturunan, termasuk anak, cucu dan cicit.

Guinness World Records belum secara resmi menobatkan Tajima sebagai perempuan tertua di dunia. Pada 10 April lalu, Guinness World Records baru mencatat nama pria Jepang, Masazo Nonaka, sebagai pria tertua di dunia dengan usia 112 tahun.

Gerontology Research Group yang berbasis di Amerika Serikat mengungkapkan posisi perempuan tertua di dunia kemungkinan akan ditempati oleh serang nenek berusia 116 tahun asal Jepang lainnya, Chiyo Yoshida.
 
Jepang dikenal sebagai negara yang memiliki penduduk berumur panjang. Pada tahun lalu, pemerintah Jepang mencatat bahwa ada sekitar 68.000 orang berusia di atas 100 tahun di negara matahari terbit tersebut.

(kin)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews