Wakapolres Labuhanbatu yang Tewas di Sungai Barombang Punya Karir Cemerlang

 Wakapolres Labuhanbatu yang Tewas di Sungai Barombang Punya Karir Cemerlang

Masa hidup Wakil Kapolres Labuhanbatu, Kompol Andi Chandra (Foto: Ist)

BATAMNEWS.CO.ID, Labuhanbatu - Wakil Kapolres Labuhanbatu Kompol Andi Chandra tewas tenggelam di Sungai Barombang, Sumatera Utara. Baru empat bulan dia menjabat Wakapolres Labuhan Batu.

"Dia Wakapolres Labuhanbatu, masih baru, baru pindah di Sumatera Utara, dia tamatan Sespimmen (Sekolah Pimpinan Menengah) yang kemarin, jadi sebelumnya itu ada di Akpol," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting, Minggu (22/4/2018).

Dilansir dari pihak kepolisian berdasarkan data di Sistem Informasi Personel Polda Sumut yang diakses, Andi Chandra lahir 20 Oktober pada 37 tahun yang lalu.

Andi menjadi perwira pertama di Polda Riau dengan pangkat Inspektur Dua (Ipda) mulai 18 Desember 2003. Dia menjadi Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian (KA SPK) Polres Kampar Polda Riau pada 7 Februari 2004, kemudian menjadi Kepala Unit II Satuan Reserse Kriminal Polres Kampar Polda Riau.

30 Agustus 2006, dia menjadi Perwira Pertama di Akpol di Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol). Dua bulan kemudian, dia menjadi Dantor Tar Kortasis Dit Bintarlat Akpol Lemdikpol. Usai jadi Dantor, dia menjadi Komandan Kompi (Danki) di situ pada 17 April 2009.

Dia menjalani pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada 16 September 2009. Setahun kemudian, dia menjadi Perwira Pertama di Polda Lampung.

Pada 23 September 2010, dia menjadi Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Way Kanan Polda Lampung. Lima bulan kemudian, dia menjadi Kepala Urusan Standarisasi Sub Bidang Pembinaan Pertanggungjawaban Profesi (Subbidwabprof) Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Lampung.

Pada 13 Oktober 2011, Andi Chandra menjadi Kapolsek Candi Puro di Lampung Selatan. 10 Februari 2012, dia menjadi Perwira Pertama di Lembaga Pendidikan Kepolisian.

Pada 4 April 2012, dia menjadi Kepala Satuan Taruna Tingkat I/Angkatan 47 Korbintarsis Ditbintarlat Akpol Lemdikpol. Pada 28 November 2014, Andi Chandra kemudian menjadi Wakil Kepala Detasemen Taruna Tingkat I/Angkatan 49 Korbintarsis Ditbintarlat Akpol Lemdikpol.

Pada 15 Juni 2015, Andi Chandra menjadi Penata Urusan Bidang Jasmani Ditakademik Akpol Lemdikpol. Pada 20 April 2017, dia menjadi Perwira Menengah Lemdiklat Polri dalam rangka Pendidikan Sekolah Staf dan Pimpinan Tingkat Menengah (Sespimmen 2017).

Pada 27 Oktober 2017, dia menjadi Perwira Menengah di Polda Sumatera Utara. Barulah pada 7 Desember 2017, dia menjabat sebagai Wakil Kepala Polisi Resor Labuhan Batu, Sumatera Utara.

Kompol Andi Chandra punya tanda jasa Satyalancana Dwija Sistha. Dia juga mendapatkan Satyalancana Kesetiaan 8 Tahun.

Pada sore hari sekitar pukul 16.00 WIB, Sabtu (21/4) kemarin, kapal rombongan Kapolres Labuhanbatu itu tenggelam perairan Sungai Berombang, Labuhan Batu. Saat itu Kapolres dan rombongan pulang menghadiri acara di Berombang. Baru berjalan 10 menit, speedboat milik Polair yang dinaiki Kapolres dan rombongan, tenggelam.

Jasad Kompol Andi Chandra ditemukan oleh tim gabungan TNI dan Polri pada Minggu (22/4), pukul 10.00 WIB. Lokasi penemuannya berada pada jarak 2 km dari lokasi tenggelamnya kapal. (*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews