Lanal Batam Temukan Pencemaran Limbah Minyak Hitam di Perairan Nongsa

Lanal Batam Temukan Pencemaran Limbah Minyak Hitam di Perairan Nongsa

Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) temukan pencemaran limbah minyak hitam di perairan dan pantai Pulau Kubung, Kel. Kenang, Kec. Nongsa, Batam, Kepulauan Riau, Senin (9/4/2018) kemarin. (foto:istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Lanal Batam temukan pencemaran limbah minyak hitam di perairan dan pantai Pulau Kubung, Kel. Kenang, Kec. Nongsa, Batam, Kepulauan Riau, Senin (9/4/2018) kemarin.

Berawal dari adanya laporan dari masyarakat Pulau Kubung ke Lanal Batam, yang melihat limbah minyak hitam yang mencemari pantai mereka.

“Setelah itu tim WFQR Lanal Batam IV segera merespon ke lokasi, melaksanakan penyisiran di sekitar pulau ,” ujar Komandan Lanal Batam, Iwan Setiawan, Selasa (10/4/2018) pagi.

Lanjut Iwan, saat ini Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) sudah mengambil sampel limbah minyak tersebut untuk dilakukan pengecekan jenis minyak tersebut.

“Lanal Batam juga sudah melakukan pemetaan terhadap lokasi yang rawan terjadinya pencemaran limbah minyak dari kapal-kapal yang membuang minyak bekas di wilayah kerja Lanal Batam,” lanjut Iwan.

Iwan menyebutkan, dugaan sementara dari pengecekan di lapangan bahwa limbah tersebut adalah limbah minyak bekas.

“Kemungkinan ini adalah minyak bekas kapal, yang melaksanakan kegiatan pembersihan tangki kotor pada saat malam hari yang berada di OPL. Pada saat pasang, limbah minyak terbawa arus ke pantai,” ungkapnya.

Iwan menegaskan, Lanal Batam akan berkoordinasi dengan pihak bertanggung jawab dengan kejadian ini.

“Termasuk menindak keras sesuai undang-undang apabila tangan melakukan pelanggaran pencemaran lingkungan,” tegasnya.

(ude)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews