Bisakah Kita Mengenali Ciri-ciri Fisik Menjelang Ajal? Berikut 7 Tandanya

Bisakah Kita Mengenali Ciri-ciri Fisik Menjelang Ajal? Berikut 7 Tandanya

kompasiana.com

BATAMNEWS.COM, Jakarta - Sering sekali kita terkecoh dengan keluarga terdekat yang sakit tiba-tiba dipanggil tuhan begitu saja. Memang umur manusia tidak dapat ditebak. Namun, menjelang kematian, sebenarnya manusia meninggalkan tanda atau ciri-ciri tertentu. Pernahkah kita memperhatikannya?

Dalam dunia medis sebenarnya dapat mendeteksi ketika seseorang yang sedang sakit sudah mendekati kematian. Ternyata, hal itu bisa diketahui melalui ciri-ciri fisik. Seperti dikutip Hellosehat.com, ciri-ciri fisik ini merupakan tanda umum yang biasanya terjadi pada orang yang mendekati ajal. Berikut ciri-ciri fisik tersebut.

1. Aliran darah melambat

Bila aliran darah bermasalah, kulit akan terlihat seperti berbintik-bintik dan mengalami perubahan warna. Bintik dan warna kebiruan pada kulit yang terlihat di bagian atas tubuh, yaitu dari pinggul hingga kepala, mencirikan tanda kematian yang lebih dekat dibandingkan dengan perubahan yang terlihat di bagian bawah tubuh.

2. Menurunnya aliran darah di serebral otak

Kondisi ini mengakibatkan seseorang mengalami penurunan tingkat kesadaran. Juga merasa mengantuk terus menerus dan terkadang mengalami disorientasi (linglung).


3. Penurunan output jantung dan volume cairan dalam pembuluh darah

Dalam kondisi ini seseorang terkadang mengalami takikardia, atau detak jantung di atas normal saat beristirahat. Jika orang normal berdetak 60-100 kali per menit, maka orang yang mengalami takikardia umumnya lebih dari 100 detak per menit.


4. Penurunan fungsi pada sistem kemih

Pada kondisi ini, seseorang mungkin akan mengalami inkontinensia urine atau mengompol. Anda perlu menjaga orang terkasih agar tetap bersih dan kering. Pakaikan popok untuk menghindari penggantian celana yang terlalu sering yang mungkin membuatnya tidak nyaman.

Pada kondisi ini, biasanya orang yang sakit keras akan mengalami penurunan selera makan dan minum. Hal ini akan berakibat pada penurunan berat badan dan dehidrasi. Jika seseorang mengalami hal ini, jangan memaksanya untuk makan atau minum. Akan tetapi, tetap pantau asupan makanan dan cairan agar tetap tercukupi.

6. Kesulitan makan

Biasanya seseorang di situasi ini akan mengalami beberapa kesulitan saat makan seperti makanan tidak ditelan, tersedak, dan batuk-batuk setelah makan. Solusinya, Anda bisa memberi orang terkasih makan-makanan lunak atau makanan yang telah dihaluskan agar makanan lebih mudah dicerna.


7. Perubahan pada kulit

Perubahan pada kulit bisa berupa bintik-bintik atau perubahan warna. Biasanya, muncul bercak kehijauan atau merah gelap yang terdapat di belakang lengan atau kaki.

(elz)

 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews