RSUD Embung Fatimah Segera Terapkan Sistem SMS untuk Pendaftaran Pasien

 RSUD Embung Fatimah Segera Terapkan Sistem SMS untuk Pendaftaran Pasien

Direktur RSUD Embung Fatimah, Ani Dewiyana. (foto: batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - RSUD Embung Fatimah akan segera terapkan sistem pendaftaran elektronik, dengan cara mengirim pesan singkat atau SMS untuk mendapatkan jadwal pemeriksaan.

Selama ini pendaftaran masih dilakukan secara manual, artinya pasien datang ke rumah sakit kemudian mendapat nomor dan setelah itu menunggu.

"Supaya masyarakat mudah. Pasien berobat tidak antre lama," kata Direktur RSUD Embung Fatimah, Ani Dewiyana, di Batam Centre, Rabu (4/4/2018).

Selain itu, Ani menyampaikan tim RSUD bersama Dinas Kominfo sedang menyusun sistemnya. Persiapan sudah dilakukan sejak sebulan lalu. Dan ditargetkan dapat terealisasi dalam waktu dekat.

"Mudah-mudahan minggu ini. Sebulan lebih kita kerjakan, tinggal finishing-nya nanti," kata dia.

Ia mengatakan, selama ini 90 persen pasien RSUD Embung Fatimah adalah pasien tanggungan BPJS Kesehatan. Dengan sistem pendaftaran melalui SMS ini diharapkan pasien lebih mudah untuk mendapatkan layanan di RSUD.

"Bagaimana pasien mudah untuk berobat, dari mendaftar la dulu pertama kan. Jangan sampai antrean banyak. Kita tambah tenaga supaya konter ditambah," kata Ani.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dalam mengatakan bahwa pelayanan publik nantinya harus daring (online) semua. Ia tidak ingin lagi ada pelayanan yang sifatnya manual.

"Tapi masyarakat Batam sudah siap tidak. Mungkin belum semuanya. Maka nanti tetap ada petugas yang membantu salam proses pendaftarannya," ujar Rudi.

Proses perizinan di Pemerintah kota Batam sudah mulai menerapkan sistem online, melalui Mal Pelayanan Publik (MPP). Walupun belum secara keseluruhan. 
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews