Bandara dan Hotel Singapura Sudah Pakai Robot Gantikan Pekerjaan Manusia

Bandara dan Hotel Singapura Sudah Pakai Robot Gantikan Pekerjaan Manusia

Ilustrasi robot di bandara. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Kemajuan teknologi sudah mulai menggantikan peran manusia dalam melakukan pekerjaan. Hal ini sudah mulai diterapkan di negara tetangga seperti Singapura.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencontohkan, Bandara Internasional Changi, Singapura, telah memanfaatkan robot untuk membersihkan karpet. Menurut dia hal ini memang terlihat hebat, namun juga berpotensi menghilangkan profesi pembersih ruangan yang ada saat ini.

"Dan perkembangan perkembangan ini juga sudah mulai muncul di negara-negara tetangga sudah mulai di Changi Airport di Singapura sudah ada robot pembersih karpet yang mengendarai dirinya sendiri secara otonom. Berarti nanti tukang sapu hilang," ujar dia di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (4/4/2018).

Selain itu, hotel-hotel di Singapura juga tengah mencoba memanfaatkan robot untuk memberikan pelayanan kepada para tamunya, seperti mengantarkan makanan.

"Beberapa hotel di Singapura sudah mulai bereksperimen dengan jasa-jasa tertentu yang dilayani oleh robot. Hati-hati. Seperti mengantarkan makanan atau room service ke kamar tamu menggunakan robot yang juga berkeliling secara otonom," ungkap dia.

Menurut Jokowi, seiring dengan perkembangan waktu, pemanfaatan robot bukan hanya dilakukan di bandara dan hotel, tetapi juga di tempat lain dan untuk pekerjaan lain. Perubahan-perubahan seperti ini yang harus mulai diantisipasi sejak sekarang.

"Bayangkan kalau ini menggejala, tidak hanya di airport, tidaknya di hotel tadi, di semua tempat," tandas dia.

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews