https://www.batamnews.co.id

BP Batam Siapkan Tiga Lokasi Ini untuk Relokasi Ribuan Warga Baloi Kolam

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam sedang menyiapkan lahan kosong untuk menjadi tujuan relokasi warga Baloi kolam, hal ini bertujuan untuk mempersiapkan sebelum warga tersebut nantinya direlokasi. 

Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan bahwa pihaknya sudah menemukan lokasi yang cocok untuk warga Baloi Kolam, sementara ini, baru ada tiga kawasan yang sesuai, diantaranya Kabil, Nongsa dan Sei Beduk. 

"Masih ada tiga kawasan, kita masih akan mencari lagi lokasi yang sesuai bagi masyarakat," ujar Lukita, Rabu (21/3/2018). 

Dalam memilih lokasi yang sesuai, ada syarat yang harus dipenuhi, seperti lahan tersebut harus dalam keadaan kosong atau status lahannya tidak merupakan kepemilikan swasta, kemudian konturnya datar dan tidak berbentuk tebing. 

"kita pilih lahan kosonglah, yang datar, jangan ada tebingnya, biar siap bangun nantinya," kata Dia. 

Penanganan baloi kolam juga merupakan kerjasama dengan Pemerintah kota Batam, selain itu kerjasama yang lain berupa BP Batam menghibahkan 669 ruas jalan kepada Pemko Batam, supaya Pemko Batam yang saat ini sedang membangun jalan tidak mengalami hambatan mengenai status ruas jalan yang akan dilebarkan atau dibangun. 

"Kita juga memberikan pasar Induk, Jodoh. Disamping itu, diusulkan setiap kecamatan ada pasar, kita akan pelajari itu," katanya. 

Selain itu, kerjasama yang dilakukan mengenai drainase, pihaknya dan Pemko Batam akan membentuk tim teknis dalam membangun drainase, dan yang menyangkut fasilitas umum, BP Batam komitmen dengan Pemko Batam untuk menangani secara bersama-sama.

"Nanti kita duduk dulu dengan tim teknis, drainasenya seperti apa?," jelasnya. 

Kerja sama tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangi oleh Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo dan Wali Kota Batam , Muhammad Rudi.