Kemolekan Pantai Mensanak yang Tak Tersentuh

Kemolekan Pantai Mensanak yang Tak Tersentuh

Pantai di Lingga (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Kemolekan alam dan potensi kelautan yang luar biasa dimiliki Desa Mensanak, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Sejumlah investor pun dikabarkan sempat tertarik untuk mengembangkan pariwisata di sana. Bahkan, Pulau yang memiliki hamparan pantai dengan pasir yang putih itu, juga dikabarkan akan dibangun tambak garam.

Kabar tersebut mencuat pada tahun 2016 lalu. Hampir dua tahun berlalu, wacana ketertarikan investor mengembangkan pariwisata dan tambak garam di pulau tersebut seolah hilang tanpa berbekas.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Desa Mensanak, Mansur. Dia mengaku, dulunya tim Bupati Lingga, Alias Wello yang bekerjasama dengan pihak ketiga sudah melakukan survei terhadap potensi kadar garam di Pulau Mensanak.

Diketahui, hasilnya pun cukup bagus. Tapi, entah apa penyebabnya, informasi tentang bagaimana kelanjutan tambak garam tersebut hilang tanpa kepastian.

"Belum ada tindak lanjut nya. Tapi berdasarkan hasil survei, sudah bagus," kata dia ketika dihubungi Batamnews.co.id, Selasa (20/3/2018).

Dia menjelaskan, jika tambak garam tersebut dapat dibangun, tentunya mampu membuka lapangan kerja baru disamping masyarakatnya yang berprofesi sebagai nelayan.

"Alhamdulillah, pantai yang ada di Pulau Mensanak ini cukup luas," katanya.

Desa Mensanak yang dulunya disiapkan sebagai lahan potensial untuk dibangun tambak garam itu, sebelumnya pernah menjadi perhatian para investor, untuk pengembangan potensi pariwisata.

Terlebih lagi, ketika investor tersebut melihat dari foto-foto yang dikirimkan, potensi pariwisata begitu menjajikan untuk dikembangkan. Pantai putih di ujung tanjung sebelah timur menawarkan panorama matahari terbit yang menarik. 

Selain itu juga, lokasi ini menjadi titik labuh jangkar wisatawan perahu layar atau yatch.

Namun, semua itu seolah-olah hilang begitu saja. Investor tersebut, bahkan tidak ada kabar sama sekali. Desa Mensanak pun seolah berharap tanpa ada kepastian yang jelas.

"Kami berharap, semoga apa yang menjadi program, dapat terealisasi dan benar-benar dilakukan. Jangan sekedar basa basi saja," ucapnya.

Diketahui, lokasi Desa Mensanak sangat strategis. Berada bersebelahan dengan Desa Benan, juga menjadi keunggulan Pulau Mensanak. Jarak tempuh dari Batam maupun Tanjungpinang dapat ditembus dengan waktu kurang dari 1 jam, tentunya mempermudah kunjungan wisatawan ke Pulau tersebut.

(ruz)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews