Alumni SMPN 2 Singkep Gelar Operasi Katarak Gratis

Alumni SMPN 2 Singkep Gelar Operasi Katarak Gratis

Kepala DKPPKB Lingga, dr. Syamsu Rizal (Foto: Ist/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Alumni 84 SMPN 2 Singkep, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB), RSUD Dabo serta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Lingga, melakukan kerjasama dalam pelaksanaan bakti sosial operasi katarak secara gratis bagi seluruh masyarakat Kabupaten Lingga.

Kegiatan tersebut, nantinya akan dilaksanakan di RSUD Dabo, Kamis (29/3/2018) mendatang.

Kepala DKPPKB Lingga, Syamsu Rizal mengatakan, bakti sosial operasi katarak tersebut akan dilaksanakan terbuka untuk umum dan bersifat gratis.

"Untuk jumlah peserta, juga tidak dibatasi. Screening awal calon peserta operasi katarak dilakukan di masing-masing puskesmas setempat," kata dia kepada batamnews.co.id, Jumat (9/3/2018).

Dia menjelaskan, meskipun untuk lokasi operasi di RSUD Dabo, tapi bagi masyarakat Lingga yang berada di daerah mana pun, dapat ikut berpartisipasi.

"Untuk operasi katarak di RSUD Dabo, tapi diharapkan seluruh warga Kabupaten Lingga yang menderita katarak, bisa mendaftar di masing-masing puskesmas," ujarnya.

Syamsu Rizal melanjutkan, kesempatan masyarakat Lingga untuk berobat dan melaksanakan operasi katarak, saat ini terbuka lebar. Setidaknya, dengan operasi gratis ini, masyarakat yang kekurangan biaya dapat terbantu.

"Pelaksanaannya cuma satu hari. Tapi, dalam sehari itu bisa dikerjakan 150 pasien katarak," katanya.

Sekedar informasi, bagi masyarakat Kabupaten Lingga yang ingin ikut berpartisipasi dalam bakti sosial tersebut dapat mendaftar di puskesmas masing-masing wilayah. 

(ruz)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews