Benarkah Dengar Musik Sambil Nyetir Jadi Penyebab Kecelakaan? Ini Ulasannya

Benarkah Dengar Musik Sambil Nyetir Jadi Penyebab Kecelakaan? Ini Ulasannya

Ilustrasi berkendara sambil mendengar musik dari ponsel. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Banyak warganet Indonesia, khususnya para pengendara mobil membicarakan tentang larangan mengemudi sambil mendengarkan musik dan merokok.

Hal ini mengacu pada pernyataan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto bahwa mendengarkan radio atau musik atau televisi (untuk pengguna roda empat) melanggar UU Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 106 Ayat 1 junto Pasal 283 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. 

Aturannya sama dengan larangan menggunakan ponsel saat berkendara atau berkendara di bawah pengaruh minuman beralkohol. 

Namun, apakah mendengarkan musik merupakan penyebab utama kecelakaan lalu lintas, khususnya di Indonesia? 

Berikut ini ulasan tentang penyebab utama kecelakaan lalu lintas, seperti dimuat di tribunnews.com

Secara tipe, kecelakaan paling besar didominasi oleh tabrakan depan-depan, tapi bicara soal prilaku, penyebab terbesarnya karena kurang tingkat kewaspadaan. 

Berdasarkan data Korlantas Polri, dari tahun ke tahun angka ini makin berkembang. 

Pada 2014 tercatat ada 16.437 kasus, sedangkan di 2015 naik menjadi 18.220 kasus, dan dari Januari hingga September 2016 ada 14.255 kasus yang terjadi. 

"Angka ini terjadi untuk pengendara mobil dan motor. Dari data bisa diketahui bahwa tingkat kewaspadaan masih sangat minim, rata-rata mereka tidak bisa menjaga jarak aman saat sedang berkendara," ucap Kompes Pol, Korlantas Polri, Unggul Sedyantoro dalam acara Indonesia Road Safety Award 2016 di Jakarta, Kamis (20/10/2016). 

Menurutnya, bila dijabarkan secara detail angka kecelakaan terbesar pun tidak terjadi pada malam hari, melainkan dalam kondisi terang dan di jalan lurus. 

Prof. Ir Leksomo Suryo Putranto, Guru Besar Transportasi UNTAR da Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Lalu Lintas dan Angkutan Umum, menerangkan bahwa selain lalai, terjadinya kecelakaan juga disebabkan penggunaan ponsel saat berkendara.

(ind)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews