BP Batam Dapat ISO 9001 Terkait Pelayanan

BP Batam Dapat ISO 9001 Terkait Pelayanan

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo saat menerima sertifikat ISO 9001 Tahun 2015 (Foto: Margaretha/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Pelayanan Badan Pengusahaan (BP) Batam telah mendapat ISO 9001 tahun 2015.

Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, tujuan ISO tersebut untuk meningkatkan proses pelayanan perizinan dan memberikan kepastian bagi masyarakat dan dunia usaha yang mengajukan perizinan di Batam.

“Kita ingin pelayanan MPP betul-betul nyata dirasakan oleh masyarakat, bangunan sudah bagus tentu harus sejalan dengan pelayanan,” ujar Lukita di Gedung Sumatera Expo, Kamis (1/3/2018). 

Untuk memperoleh sertifikasi ini, pihaknya sudah mulai mempersiapkan dari sejak adanya MPP, terutama bagi para petugas yang bekerja langsung melayani masyarakat ataupun pengusaha.

“Jadi tidak boleh nanti ada petugas yang menjawab tidak tahu jika ada yang bertanya kapan dokumen ini akan selesai,” jelasnya.

Sementara itu konsultan manajemen ISO untuk Indonesia, Michael Donny Gunawan mengatakan proses sertifikasi dilakukan sesuai dengan prosedur, diantaranya memenuhi indokator yang telah ditetapkan.

“Kita lihat dari setiap proses pelayanan yang ada, apakah sesuai dengan SOP atau tidak dan akhir proses akan dilakukan audit,” ujar Donny. 

Selain itu juga harus ada pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dilakukan secara berkala, kemudian disertai juga dengan leadership dan manajemen yang baik.

“Jadi harus ada pelatihan kepada para petugas secara terus menerus,” katanya.

Walaupun BP Batam sudah mendapatkan ISO 9001 tahun 2015 tetap dilakukan audit sehingga jika tidak sesuai dengan indikator maka ISO tersebut bisa dicabut. 

“Akan dicabut, makanya harus tetap konsisten dan memenuhi standard,” kata dia.

Deputi V BP Batam, Bambang Purwanto menyebutkan bahwa untuk lulus sertifikasi, pihaknya memberikan pelatihan kepada para petugas, setelah pulang kerja tepatnya empat kali dalam seminggu mereka akan diberikan materi manajemen pelayanan kepada masyarakat.

“Sebelumnya sudah kita berikan, nantinya tetap berlanjut,” ujar Bambang. 

Selain ISO 9001 tahun 2015, pihaknya menargetkan untuk memperoleh ISO-ISO yang lainnya. 

“Kedepan pasti ada, kita harapkan juga dapat,” kata dia.

(ret)

 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews