Batam Dapat Tiga Alat Berat untuk Normalisasi Drainase

Batam Dapat Tiga Alat Berat untuk Normalisasi Drainase

Banjir yang terjadi di Batam, beberapa waktu lalu. (foto: batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Batam akan mendapat tambahan alat berat berupa eksavator pada Mei 2018 mendatang. Pengadaan alat berat ini dilakukan untuk penanganan banjir Kota Batam.

"Tahun ini beli lagi tiga alat berat, satu amfibi, dua long-arm. Sudah kita order. Mudah-mudahan tiga bulan ke depan sudah datang," ujar Kepala Dinas BMSDA, Yumasnur di Jodoh, Selasa (20/2/2018).

Alat berat milik BMSDA ini akan digunakan untuk menormalisasi drainase agar aliran air lancar ke laut. Upaya ini sebagai solusi sementara untuk penanganan banjir. Sedangkan untuk jangka waktu yang lebih lama, penanganan banjir di Batam dilakukan dengan melebarkan drainase.

"Beberapa tempat dibenahi supaya tidak banjir. Karena drainase cukup banyak tidak mungkin sekaligus," kata dia.

Untuk pelebaran drainase, Pemerintah kota Batam akan memanfaatkan seluruh lahan yang ada.Walaupun lahan yang digunakan untuk pelebaran jalan tidak semuanya untuk saluran air, tapi juga dibangun jalan pelintas atau jalan inspeksi.

"Jalan inspeksi ini perlu, untuk memudahkan kendaraan kita masuk saat normalisasi. Pak Wali juga arahkan ke kita supaya dibangun taman," ujarnya.

Yumasnur menyebutkan drainase di samping Pasar Induk Jodoh pelebarannya bisa sampai 15 meter. Dari kondisi saat ini, lebar drainase sekitar 10 meter. Sedangkan panjang drainase yang akan dilebarkan berkisar 400 meter, dari Pasar Induk ke arah laut.

"Pelebaran menyesuaikan, kita ukur dulu. Lihat space yang ada cukup lebar sepertinya," kata Yumasnur.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews