Harga Beras dan Cabai-cabaian Masih Belum Stabil

Harga Beras dan Cabai-cabaian Masih Belum Stabil

Ilustrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Batam memastikan stok kebutuhan pangan di pasar tersedia cukup. Namun, beberapa harga komoditas di pasar mengalami kenaikan. 

"Enggak ada masalah. Stok cukup. Kita terus turun ke pasar untuk pantau harga," kata Zarefriadi , Senin (19/2/2018).

Berdasarkan hasil pantauan ke beberapa pasar, harga cenderung stabil untuk sebagian besar komoditas. Kenaikan tampak pada komoditas cabai-cabaian. Harga rata-rata cabai merah keriting di empat pasar kawasan Batam Centre, rata-rata naik menjadi Rp 53.250.

Sementara rata-rata harga cabai hijau naik dari Rp 33.000 menjadi Rp 38.000. Dan cabai rawit rata-rata harganya naik dari Rp 38.250 ke Rp 40.750 per kg. Untuk harga bawang terjadi penurunan. Rata-rata harga bawang merah turun menjadi Rp 23.750 per kg dari Rp 29.500 per kg. Bawang putih juga turun dari Rp 21.000 menjadi Rp 17.750 per kg.

Bayam yang Januari lalu menyumbangkan inflasi di kelompok volatile food, harganya kembali merangkak naik, pasca sempat turun di awal Februari. Pada 6 Februari rata-rata harga bayam di pasar yang disurvei Disperindag yakni Rp 12.000 per kg. Kemudian turun ke angka Rp 8.250 per kg di 9 Februari. Dan kembali merangkak naik menjadi Rp 8.750 pada 13 Februari, dan Rp 9.000 pada saat ini. 

"Kami rutin melakukan monitoring harga untuk mengetahui perkembangan di pasar. Hasil survei kita sampaikan melalui website, disperindag.batam.go.id," kata dia.

Menanggapi harga beras yang juga mengalami kenaikan, Zarefriadi menjelaskan bahwa Bulog sudah melakukan operasi pasar untuk kendalikan harga beras. Di operasi pasar ini, Bulog menjual beras kualitas medium dengan harga Rp 8.800-9.000 per kg. Operasi pasar digelar di tiga titik, yaitu Pasar Sagulung, Aviari Batuaji, dan Jodoh.

"Operasi pasarnya itu awalnya cuma sampai Januari. Tapi karena harga beras melonjak, diperpanjang sampai Maret," kata dia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews