PDAM Lingga Terapkan Sistem Buka Tutup Suplai Air Bersih

PDAM Lingga Terapkan Sistem Buka Tutup Suplai Air Bersih

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Warga Daik, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, kesulitan mendapatkan air bersih.

Air yang disalurkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lingga itu pun mengalir sangat pelan ke rumah-rumah warga.

Direktur Utama PDAM Lingga, Sazali melalui Kepala Cabang PDAM Daik, Hidayat mengatakan, upaya jangka pendek yang dilakukan pihaknya untuk memenuhi kebutuhan air pelanggan yakni dengan cara menambal bak penampungan yang ada karena bocor.

Bocornya bak penampungan itu menjadi salah satu penyebab berkurangnya debit air yang ada.

"Setelah sekian tahun kalau musim kemarau, masalahnya selalu sama, kita sudah laporkan Pemkab, tapi belum ada solusi yang baik dari Dinas PU. Jadi, kami ambil tindakan sendiri mencoba menampal lobang yang bocor, sejauh ini kita lakukan itu. Debit air bertambah sedikit," kata dia kepada Batamnews.co.id, Selasa (20/2/2018).

Dia menjelaskan, untuk penyaluran air bersih itu, pihak PDAM sudah mulai melakukan sistem buka tutup.

"Misalkan, pagi wilayah Cening buka, yang jalur ke pasar kita tutup. Mulai hari kemarin sampai debit air tersedia normal akan berlakunya sistem ini," ujarnya.

Sementara itu, untuk penyaluran air, PDAM juga menggunakan mesin sedot air. Penyedotan tersebut sudah berlangsung sekitar satu bulan yang lalu.

"Saya tak dapat pasti, cuma menurut Pak Direktur, dia dengar dari BMKG, awal Maret ini akan hujan, tapi apakah air kita mencukupi sampai waktu itu, kami belum tau," katanya.

Dia menghimbau kepada seluruh masyarakat Lingga, terutama pelanggan PDAM Lingga agar dapat menampung, menyimpan serta menggunakan air seperlunya saja. 

(ruz)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews