Kemarau, Warga Lingga Kesulitan Air Bersih

Kemarau, Warga Lingga Kesulitan Air Bersih

Seorang bocah tengah mencuci tangan di fasilitas air bersih di Lingga beberapa waktu lalu (Foto: Ruzi/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Akibat cuaca panas yang sudah berlangsung sejak beberap hari belakangan ini, sejumlah wilayah di Pulau Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau kesulitan mendapatkan air bersih.

Khusus di Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga, pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lingga, mengaku sudah beberapa hari belakangan, air yang mengalir dari PDAM ke rumah warga sangat kecil.

"Air PDAM ini sudah tidak mengalir lagi kah, kami tidak tau. Tapi yang jelas kami berharap airnya selalu mengalir, meskipun sehari mati sehari hidup," kata salah seorang warga Daik Lingga, Krisna kepada Batamnews.co.id, Jumat (16/2/2018).

Sepengetahuannya, Lingga kaya akan sumber daya air. Bahkan, Pemkab Lingga pernah berencana akan mendistribusikan air dari Lingga ke Kota Tanjungpinang dan Batam.

Namun, sebelum air disalurkan ke Batam dan Tanjungpinang, ketika musim kemarau, di Daik Lingga malah kekeringan.

"Tapi buktinya, baru seminggu tak hujan, masyarakat Daik dah kesulitan dengan air. Sungguh memprihatinkan setiap kemarau selalu begini," ujarnya.

Senada juga disampaikan warga Daik Lingga lainnya. Armain mengaku, di kawasan Kampung Seranggung, Kelurahan Daik, sudah tiga hari belakangan air tidak mengalir.

"Jangankan mengalir, netes saja tidak," katanya.

Dia berharap, Pemkab Lingga melalui instansi terkait, dapat mencarikan solusi menyikapi krisis air yang rutin terjadi setiap tahunnya di Ibu Kota Kabupaten Lingga. 

(ruz)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews