Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas Bintan Belum Beroperasi

Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas Bintan Belum Beroperasi

Ilustrasi PLTMG

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - PT PLN (Persero) kelar membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Tanjungkruing, Desa Teluksasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam (SKL). Namun pembangkit listrik yang memiliki daya 9 Megawatt (Mw) itu tak kunjung dioperasikan.

"Informasinya masih menunggu selesainya izin sandar kapal pembawa gas," ujar Karlo, salah satu warga Bintan, Jumat (9/2/2018).

Jika PT PLN telah mendapatkan izin penyandaran kapal muatan gas itu. Pastinya PTLMG tersebut bisa dioperasikan secepatnya. Sebab gas yang menjadi bahan bakar utama menghidupkan mesin pembangkit bisa disalurkan.

"Kami berharap pihak terkait segera berikan izinnya. Karena apabila ada permasalahan dengan interkoneksi listrik Batam-Bintan, PLTMG bisa dioperasikan," kata salah satu karyawan industri ini.

Manager Rayon PLN Tanjunguban, Adi Widoyoko membenarkan jika PLTMG itu belum dapat dioperasikan sampai saat ini. Sebab masih ada izin operasional yang sedang diproses penyelesaiannya.

"Memang ada izin yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Tapi itu seperti apa detilnya saya tidak tahu, karena itu adalah wewenang dari area," tuturnya.

PLTMG yang memiliki daya sebesar 9 Mw ini dipergunakan sebagai daya cadangan untuk memenuhi pasokan listrik di Kawasan Industri Lobam serta masyarakat umum yang berada di Kecamatan SKL.

Sebab Kawasan Industri Lobam itu sangat membutuhkan layanan listrik yang sangat maksimal dibandingkan wilayah lainnya.

Daya listrik cadangan ini akan dioperasikan apabila pasokan interkoneksi listrik Batam-Bintan berdaya 150 Mw itu bermasalah atau mengalami gangguan. Maksudnya aliran listriknya secara tiba-tiba terputus dan padam.

"Jika listrik interkoneksi terputus atau alami gangguan, maka langsung didukung oleh PLTMG ini. Sebab listrik di Kawasan Industri Lobam tidak boleh padam semenitpun," ucapnya. 

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews