32 Ribu Warga Batam Dapat Bantuan Pangan

32 Ribu Warga Batam Dapat Bantuan Pangan

Bazar sembako murah beberapa waktu lalu (Foto: Humas Pemko)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Sebanyak 32.493 kepala keluarga (KK) akan menerima bantuan pangan non tunai (BPNT) pada tahun 2018. Namun penyaluran BPNT tidak sepenuhnya dapat diberikan secara keseluruhan.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat kota Batam, Hasyimah mengatakan penyebab BPNT tidak sepenuhnya disalurkan karena kesalahan teknis.

"28 ribuan sudah menerima Januari Februari ini. Tinggal 3 ribuan yang belum, karena ada dua lurah yang salah input ke aplikasi," ujar Hasyimah di Sekupang, Rabu (11/1/2018).

Hasyimah menjelaskan untuk keluarga penerima manfaat (KPM) di dua kelurahan ini akan mulai menerima bantuan pada April mendatang. Akan tetapi penyaluran bantuan oleh Pemerintah pusat dijadwalkan dua bulan sekali, padahal Pemerintah daerah ingin dapat disalurkan sebulan sekali. 

"Penyalurannya kan melalui RPK (rumah pangan kita), e-warung. Tempat mereka itu kecil, kalau dua bulan bisa menumpuk. Makanya kami minta tiap bulan," katanya.

Adapun besar bantuan yang diberikan ke masyarakat yaitu Rp 110.000 per bulan. Dana ini disalurkan ke rekening penerima manfaat. Serta hanya bisa digunakan untuk menebus bahan pokok di agen bank, e-warung, atau RPK yang ditunjuk dan bekerjasama. Bahan pokok yang bisa dibeli yaitu beras dan gula.

Tahun 2018, kota Batam mengalami pengurangan, kuota BPNT oleh Pemerintah pusat, dimana pada tahun 2017 kota Batam mendapat jatah 36.103 KPM. Hal ini dikarenakan dari permintaan dari Pemerintah pusat untuk memperbaharui data penerima manfaat program yang mana dulu dinamakan beras miskin (raskin) dan beras sejahtera (rastra). 

(ret)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews