https://www.batamnews.co.id

KPPBC Karimun Datangkan Alat Pendeteksi Canggih dan Anjing Pelacak

Suasana di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun. (foto: edo/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Tanjungbalai Karimun, dalam waktu dekat akan mendatangkan alat canggih dan anjing pelacak di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun.

Alat pendeteksi narkotika yang akan didatangkan KPPBC tersebut bisa mendeteksi narkotika dengan cara ditempel atau digosokkan ke barang bawaan bernama "Ionscane".

“Dalam tahun ini kita akan memperbaiki sistem, baik internal atau pengawasan. Kita sudah ajukan permintaan pengadaan alat untuk mendeteksi dan indentifikasi narkoba,” kata Martin Tryanto, Kepala Penindakan dan Sarana Operasi KPPBC TMP B Tanjungbalai Karimun, Jumat (5/1/2018) saat dikonfirmasi langsung.

Martin menyebutkan, alat untuk indentifikasi narkotika tersebut merupakan barang dari Australia yaitu Ionscane.

Alat tersebut bisa mendeteksi barang bawaan yang pernah membawa narkotika, seperti tas dan jaket yang sering digunakan untuk menyimpan dan membawa narkotika.

“Nanti alat ini bisa tau, tas atau jaket yang pernah membawa narkotika akan teridentifikasi, meskipun saat diperiksa tidak membawa. Karena pernah membawa narkotika bisa diidentifikasi oleh Ionscane,” ucapnya.

Selain itu, KPPBC juga akan mendatangkan K9 (anjing pelacak) khusus narkotika, yang juga akan ditempatkan di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun.

“Kita juga ajukan asistensi Anjing pelacak (K9) narkotika. Saat ini yang punya hanya di Batam,” kata Martin.

Setiap kedatangan dari luar negeri, baik penumpang dan awak kapal akan diperiksa oleh petugas. 

“Kita tidak periksa penumpang saja, awak dari sarana pengangkut juga akan kita periksa,” ujarnya.

Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir masuknya narkotika, terutama dari Malaysia. 
 

(aha)