Sungai Budus Selesai Dinormalisasi, Kampung Budus Bebas Banjir

Sungai Budus Selesai Dinormalisasi, Kampung Budus Bebas Banjir

Normalisasi Sungai Bedus di Kampung Budus Desa Merawang Kecamatan Lingga (Ruzi/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Aliran Sungai Budus di Kampung Budus Desa Merawang Kecamatan Lingga Kabupaten Lingga Kepulauan Riau, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PKP) Lingga dinormalisasi.

Kepala Bidang (Kabid) Pengairan di DPUPR-PKP Lingga, Sumarno melalui Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan dan Pengelolaan Irigasi, Ardi mengatakan, hal itu mengantisipasi banjir.  

Saat ini normalisasi Sungai Budus telah selesai dikerjakan dengan pendampingan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Daik Lingga.

"Jadi, selain sebagai penanggulangan banjir, normalisasi sungai ini juga sebagai arus transportasi nelayan, yang selama ini nelayan parkir sampan di Tanjung Buton, sekarang masyarakat sudah bisa berlabuh di sungai ini, yang jelas masyarakat setempat sangat terbantu," kata dia kepada Batamnews.co.id, Kamis (21/12/2017).

Ardi mengaku, normalisasi sungai tersebut telah menjadi keinginan masyarakat setempat sejak lama. Akan tetapi, baru dapat terealisasi di tahun 2017 ini.

"Normalisasi Sungai Budus ini sangat membantu masyarakat Kampung Budus serta mengantisipasi banjir. Pengerjaan ini menggunakan anggaran sebesar Rp1,2 miliar dari dana APBD kita. Alhamdulillah tepat sasaran," ujarnya.

Melanjutkan pesan atasannya, Ardi menghimbau kepada masyarakat setempat untuk tidak membuang sampah di bantaran sungai terutama sampah limbah sagu.

"Kami juga minta bantu kepada masyarakat Kampung Budus untuk bergotorong royong menjaga sungai ini agar tetap bersih," katanya.

Untuk tahun 2018 mendatang, normalisasi sungai juga akan dilakukan di Sungai Seranggung, Kelurahan Daik Kecamatan Lingga.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews