Alias Wello Dikabarkan Tolak Bantuan Bibit Petai dan Jengkol

Alias Wello Dikabarkan Tolak Bantuan Bibit Petai dan Jengkol

Kepala DPKP Lingga Rusli Ismail (Foto: Ruzi/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Kabupaten Lingga, Kepulaun Riau, mendapatkan bantuan bibit Petai dan Jengkol dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Kepri.

Namun, informasi yang diperoleh Batamnews.co.id, Bupati Lingga Alias Wello menolak bantuan itu. Bibit tersebut dinilai tidak berkualitas baik.

Selain itu, menindaklanjuti laporan sejumlah LSM di Lingga terkait adanya temuan sejumlah bibit jengkol dan petai yang disalurkan ke petani tidak sessuai spesifikasi, Alias Wello juga telah mengarahkan hal tersebut.

"Pak Bupati mengarahkan menolak bantuan bibit itu kalau tidak sesuai dengan apa yang menjadi spesifikasi dan sebagainya. Kalau melihat sekarang, itu bibit belum diserahkan kepada masyarakat, berarti kita belum bisa menyatakan layak atau tidak layak," kata Kepala DPKP Lingga Rusli Ismail kepada Batamnews.co.id, Rabu (20/12/2017).

Rusli menjelaskan, saat ini kedua bibit tanaman tersebit masih berada di Dabo Singkep dan akan dikarantina terlebih dulu.

"Nanti dipulihkan dulu, kalau misalkan rontok, tentu dipulihkan sampai tunas yang baru. Nanti sebelum diserahkan kepada masyarakat, kan disortir, kalau tidak layak diserahkan kepada masyarakat, tidak usah diterima, masyarakat yang berhak tidak menerima, karena ini pengadaan dari provinsi lansung, tidak melalui kita. Pengadaan, serta SK calon petani dari provinsi, jadi semuanya provinsi," ujar dia.

Dia menyarankan, jika masyarakat tidak mau menerima bibit tersebut, agar nantinya dapat komplain kepada pihak pengadaan atau pihak PPTK Provinsi agar jangan diterima. 

"Kita tidak punya wewenang untuk melarang ini. Jika masyarakat menolak, minimal minta ditukar dengan bibit yang sesuai dengan sertifikasi," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, bibit tersebut nantinya akan disalurkan kepada sejumlah Kecamatan yang ada di Lingga diantaranya Kecamatan Singkep Pesisir serta Kecamatan Senayang. 

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews