Gelombang 3 Meter Lebih, 5 Kapal Putar Haluan ke Pelabuhan Karimun

Kepala KSOP Tanjung Balai Karimun, Kapten Renta. (foto: edo/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Kapal MV Oceana tujuan Batam dari Tanjung Balai Karimun terpaksa putar haluan dan kembali ke Pelabuhan Domestik Karimun, Rabu (29/11/2017) sore. Nakhoda kapal memutuskan kembali karena angin kencang yang menyebabkan gelombang cukup tinggi.

“Yang parah bagian tengah, perairan Takong Hiu dan Selat Durian, gelombang mencapai 3 meter lebih,” ucap Kapten MV Oceana, Musafri.

Nahkoda kapal tersebut, membatalkan keberangkatan karena menghindari hal yang tidak diinginkan.

“Kita mengkhawarirkan penumpang, yang kita utamakan keselamatan penumpang,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala KSOP Tanjung Balai Karimun, Kapten Renta mengatakan kalau angin kencang tersebut, akibat imbas siklon Cempaka di laut Jawa dan Samudera Hindia.

“Ada siklon Cempaka di Laut jawa dan Samudra Hindia, jadi kita terkena imbasnya. Ada lima kapal yang tidak jadi berangkat atau berputar balik,” ucapnya.

Peringatan tersebut telah disampaikan oleh BMKG pusat untuk tiga hari ke depan.

“Sudah ada peringatannya dari BMKG, tapi kita juga melihat perkembangan untuk tiga hari ke depan. Jika besok pagi dinyatakan aman untuk berlayar, kapal kapal sudah bisa berlayar,” kata Renta, Rabu (29/11/2017) sore, di Pelabuhan Domestik Tanjung Balai Karimun.

Renta menyebutkan, untuk penumpang yang tidak jadi berangkat, semua tiket dikembalikan dan bisa digunakan untuk keberangkatan besok. Dan ada juga penumpang yang membatalkan berangkat.

“Untuk tiket dikembalikan atau diganti, dan bisa digunakan untuk berangkat besok,” ucap Kapten Renta.

(aha)