Ratusan Pemotor Terjaring Razia di Karimun

Ratusan pengendara terjaring razia operasi zebra di depan Mapolres Karimun, Rabu (15/11/2017). (Foto: Edo/ Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Ratusan pengendara terjaring razia di hari terakhir operasi zebra seligi 2017, Selasa (14/11/2017) sore.

Pengendara yang melintasi jalan di depan Polres Karimun, diarahkan ke halaman Mapolres untuk pemeriksaan. 

Ratusan kendaraan yang terjaring tidak semua melakukan pelanggaran. Ada yang kekurangan kelengkapan berkendara.

Satuan Lalu Lintas Polres Karimun mengklaim, pelanggaran lalu lintas di Karimun mengalami penurunan. Hasil itu didapatkan setelah dua minggu berjalannya operasi terpusat dengan sandi Zebra Seligi 2017.

Kasat Lantas Polres Karimun, AKP Teuku Fazrial Kenedy, mengatakan dalam operasi patuh seligi 2017 waktu lalu, Satlantas Polres Karimun telah menindak kurang lebih seribu pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas di Jalan Raya.

Sementara pada Operasi Zebra yang dua pekan digelar, terjadi penurunan angka pelanggaran mencapai 25 persen. 

"Sudah banyak peningkatan terkait dengan disiplin masyarakat dalam berkendara. Itu terbukti dengan adanya penurunan jumlah kendaraan yang telah diamankan selama operasi zebra, dibandingkan operasi patuh yang sebelumnya telah dilaksanakan pada Mei lalu," ujar Kenedy

Dia melanjutkan, penurunan terhadap angka pelanggaran lalu lintas dipicu dengan upaya Satlantas Karimun secara rutin melakukan sosialisasi dan pendidikan masyarakat terkait lalu lintas.

Selain pemeriksaan kelengkapan dokumen, razia dihari terakhir operasi zebra juga menindak pengendara yang pajak kendaraannya telah habis masa berlakunya. 

"Iya kali ini kita melibatkan dari Samsat untuk melakukan penindakan. pengendara yang pajak kendaraannya telah habis masa berlakunya diberikan imbauan untuk melakukan pembayaran," katanya.

(aha)