Ciptakan Tenaga Kerja Skill, FKJP Batam Gelar Bimtek dan Sosialisasi

Ciptakan Tenaga Kerja Skill, FKJP Batam Gelar Bimtek dan Sosialisasi

Kepala Dinas Tenaga Kerja kota Batam, Rudi Sakyakirti. (foto: ist/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam bekerjasama dengan Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) Kota Batam akan melakukan Bimtek dan sosialisasi kepada calon tenaga kerja beberapa perusahaan di Vista Hotel, Batam tanggal 26-28 Oktober 2017.

Bimtek itu akan digelar bersamaan dengan pengukuhan pengurus FJKP Kota Batam periode 2017-2019. Rencananya Wali Kota Batam M Rudi akan langsung melantik pengurus FKJP Batam.

Ketua FKJP Batam, Sahat Sagala mengatakan FKJP ini fungsinya untuk membina dan melatih calon tenaga kerja.

"Seperti diketahui, kadang-kadang perusahaan atau industri itu butuh tenaga kerja, skill yang spesifik. Cuma dari LPK dan perguruan tinggi tidak tersedia, mungkin yang ada hanyalah general," ujar dia.

Sahat Sagala, Ketua FKJP Batam.

Jadi, kata Sahat, FKJP itu nantinya akan bekerja sama dengan perusahaan dan lembaga pelatihan kerja (LPK) untuk melakukan pemagangan.

"Bentuknya, bisa nanti misalnya pembelajaran di kelas. Jadi bentuknya baru dipraktekkan, magang langsung. Sehingga setelah lulus pemagangan ia sudah terampil sesuai dengan kebutuhan perusahaan itu," kata dia.

Menurut Sahat, di Batam sangat banyak pengangguran dan perusahaan di Batam sangat susah untuk mencari tenaga kerja yang sesuai sampai harus mencari tenaga kerja sampai keluar Batam.

"Angkatan kerja yang ada di Batam ini tidak memenuhui spesifikasi seperti yang dibutuhkan itu. Jadi kita akan jembatani itu. Makanya tadi itu "jejaring", jadi menghubungkan angkatan-angkatan kerja dengan kebutuhan perusahaan," Lanjut Sahat.

Untuk target pekerja, Sahat mengatakan, saat ini yang diutamakan adalah para calon pekerja dari Batam yang sesuai dengan dibutuhkan oleh perusahaan.

"Terutama ya itu dulu, nanti kalau misalnya kita cari dan adakan pemagangan ya kita rekrut, misalnya calon karyawan itu bekerja sama dengan perusahaan. Spesifiknya apa, background pendidikannya mungkin ada sama, tapi mungkin ada belum ada skill. Nah itu nanti yang akan kita latih," kata dia.

FKJP ini sendiri dulunya sudah pernah terbentuk FKJP Provinsi, tetapi sempat vakum dan dibuat kembali untuk Batam tahun ini yang pertama.

"Kalau di Batam baru ini FKJP dan sesudah kita terbentuk, provinsi bentuk lagi sekarang ini," ujar dia.

Kepala Dinas Tenaga Kerja kota Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan, untuk target sosialisasi ini nantinya ia berharap bisa mencapai ratusan peserta dari tiap perusahaan.

"Jadi begini, dari seratus perusahaan itu bisa saja memagangkan lima orang berarti kan sudah 500 kan besar juga. Kita berharap selesai pemagangan mereka komitmen dengan itu, itu tujuan kita," ujar Rudi.

(yud)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews