https://www.batamnews.co.id

Penampakan Isi Kapal Pejabat Natuna MV Indra Perkasa, Ada Ruang Karaoke

MV Indra Perkasa 159 sedang sandar di dermaga Pelabuhan Penagi, Ranai, Senin (18/9/2017)

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Kapal MV. Indra Perkasa 159 siap dioperasikan untuk perjalanan kedinasan Pemkab Natuna, khususnya bupati. 

Usai menggelar syukuran di dermaga Pulau Penyengat, Tanjungpinang, kapal ini akhirnya bertolak ke Natuna dan merapat di Pelabuhan Penagi saat ini.

Kabid Perhubungan Laut, Dishub Natuna, Sapta Nugraha menjelaskan jika kapal ini terdiri dari 36 tempat duduk penumpang, 8 tempat duduk kru kapal dan ada VIP room dengan kapasitas empat tempat duduk. 

Standar kapal ini sudah sesuai dengan Badan Klasifikasi Indonesia (BKI). "Kapal ini juga dilengkapi dengan smoke detector. Pendeteksi asap untuk antisipasi kebakaran, jadi nggak bisa merokok kalau di dalam," kata Sapta, Senin (18/9/2017).

Kapal berkekuatan 2 X 1400 PK yang punya kecepatan 26-27 knot ini memiliki ruangan VIP untuk rapat dan kursi pertemuan. Kapal sepanjang 31 meter dan lebar 6 meter ini didalamnya dilengkapi dengan kamera CCTV.

"Navigasinya juga dibantu beberapa alat terbaru seperti radar, echo sounder IMO, Navigation telex," kata Sapta. 

Echo Sounder untuk mengetahui kedekatan karang agar tidak kandas jika melewati perairan yang sedang surut. Sementara radar canggih untuk deteksi posisi maupun untuk mudah terdeteksi keberadaannya.

"Kalau ada yang bilang ini kapal mewah, sepertinya nggak juga. Ini kategorinya saya rasa masih standar," kata Sapta.

Berikut penampakan di beberapa sudut kapal Ferry MV. Indra Perkasa 159: