Komisi I DPRD Kepri Tinjau Pembangunan Waduk Sei Gong

Komisi I DPRD Kepri Tinjau Pembangunan Waduk Sei Gong

Beberapa anggota Komisi I DPRD Kepri saat di lokasi waduk Sei Gong, Galang. (foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Anggota Komisi I DPRD Kepri melakukan kunjungan ke lokasi Pembangunan Waduk Sei Gong, Pulau Galang, Kamis (24/8/2017) siang. Saat kunjungan, beberapa orang yang mengaku pemilik lahan ikut serta. 

Abdul Rahman Lc, Ketua Komisi I DPRD Kepri mengatakan, kunjungan mereka untuk menanyakan sejauh mana persoalan ganti rugi antara pihak pemilik lahan dengan pemerintah. Karena lahan yang akan dijadikan waduk oleh pemerintah ini dimiliki oleh beberapa orang. 

Setelah pertemuan ini, hasilnya akan dirapatkan kembali dengan unsur pimpinan lainya. ‎Yang jelas, mereka meminta agar tidak ada yang tersakiti. "Masalah ini harus di perhatikan pemerintah. Jangan sampai membebani rakyat. ‎Memang ini keutuhan bersama," kata Abdul Rahman. 

Menurutnya, pemerintah dengan masyarakat harus berjalan dengan baik. Diskusi harus terus dilakukan. Sebab banyak kebun masyarakat di sekitar lokasi pembangunan dam. 

"Tentunya harus ada kajian yang baik. Harus ada cantolan hukum yang kuat. Maka dari itu, BP Batam juga bekerja sama dengan pihak kejaksaan untuk memb‎ahas permasalahan ini," terangnya. 

Anggota dewan lain, Syukri Fahrial menanyakan kepada pekerja pembangunan waduk terkait aliran air yang sempat ditutup.

"Ini karena kami datang terus dibuka ya. Selama ini kan masyarakat minta segera dibuka. Beberapa kebun sudah terendam. Ini baru dibuka tadi pagi kan?," tanya Syukri kepada kepala proyek. 

Usai melakukan kunjungan ke waduk, rombongan kemudian melihat-lihat kebun jagung milik warga yang terendam banjir akibat anak sungai yang ditutup kemarin. ‎Sesampai di sana, anggota dewan dan rombongan disuguhi jagung rebus. "Kebetulan hari hujan, kita makan jagung dulu disini," sebut Syukri. **
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews