Tahun Ini Embarkasi Batam Terbangkan 10 Ribu Calon Jemaah Haji

Tahun Ini Embarkasi Batam Terbangkan 10 Ribu Calon Jemaah Haji

Ilustrasi (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Tahun 2017 ini Embarkasi Hang Nadim Batam melayani rombongan calon haji dari empat provinsi. Dari Kepulauan Riau, Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat.

Sekretaris Direktur Jenderal Pelaksana Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Khasan Faozi menyebutkan lebih dari 10.000 anggota jemaah dari empat provinsi itu diterbangkan dalam 27 kelompok terbang (kloter).

"Kepri 27 kloter berarti ada sekitar 10.000 calon haji. Seluruh Indonesia 221.000 calhaj, paling banyak Jawa Tengah dan Jawa Barat," kata Khasan pada pelantikan Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Batam seperti dilansir Antarakepri.com, Selasa

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, jemaah haji Embarkasi Batam akan menggunakan Saudi Arabia Airlines melalui Bandara Hang Nadim.

Ia mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan akomodasi untuk jemaah di Tanah Suci.

Di Madinah, pemerintah memesan penginapan dengan kualitas hotel setara bintang tiga dengan jarak maksimal sekitar 1.100 meter dari Masjid Nabawi.

Di Mekah, pemerintah menyiapkan bus selawat untuk antar dan jemput jemaah dari hotel ke Masjidilharam karena jaraknya nisbi jauh.

"Jarak terjauh 4.500 meter. Kami ambil jarak yang lebih yang menitikberatkan pada aksesibilitas hotel. Sebanyak 90 persen dari jemaah akan dilayani bus selawat yang 24 jam tidak berhenti," ujarnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengajak panitia untuk mengerjakan tugasnya dengan dasar ibadah.

"Tidak semua orang dapat. Ini ada nilai tersendiri dari sisi beribadah. Kami yakin mereka juga sudah siap dengan kemampuan, tenaga," kata Nurdin.

Ia percaya PPIH Embarkasi Batam mampu menjalankan tugasnya dengan baik karena sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun.

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews