Cara Unik Jepang Cegah Kecelakaan Gunakan Ponsel

Cara Unik Jepang Cegah Kecelakaan Gunakan Ponsel

Foto : CNNIndonesia

BATAMNEWS.CO.ID - Jepang punya cara unik untuk mengingatkan warganya akan bahaya menggunakan ponsel saat berjalan atau berkendara. Baru-baru ini, salah satu perusahaan telekomunikasi asal Negeri Sakura, NTT Docomo, membuat iklan layanan masyarakat yang sangat menarik. 

Iklan yang diberi judul Samurai Smartphone Parade ini berisi imbauan agar warga di Jepang menyadari bahwa menggunakan ponsel ketika berjalan adalah hal berbahaya.

Iklan ini dibuat begitu menarik dengan banyak unsur komedi. Iklan ini mengisahkan segerombolan tentara Samurai Jepang yang sedang melakukan parade, namun setiap orang berjalan seperti zombie tanpa memperhatikan arah dan hanya fokus memainkan ponselnya. 

Alhasil, ada tentara Samurai Jepang yang menabrak temannya, tercebur ke parit, bahkan meninggal karena dikalahkan oleh ninja. Pada akhirnya, mereka pun tercerai berai dan kehilangan arah.

Meski mengundang gelak tawa, iklan ini sarat pesan moral kepada masyarakat. Di iklan ini ditampilkan data-data penting hasil penelitian di Jepang, antara lain:
- 66 persen orang menabrak orang lain di saat menggunakan ponsel ketika berjalan.
- 3,6 persen orang terjatuh dari peron saat mengetik pesan di ponsel ketika berjalan.
- 18 persen orang tersandung saat menggunakan ponsel ketika berjalan.
- 99 persen orang berpikir bahwa menggunakan ponsel ketika berjalan itu berbahaya.
- 73 persen orang menggunakan ponsel ketika berjalan.

Kebiasaan menggunakan ponsel sambil berjalan memang telah menjadi salah satu kebudaayaan yang sulit diubah dari masyarakat Jepang dan telah banyak merugikan.

Seriusnya masalah yang ditimbulkan sampai membuat JR East, perusahaan kereta komuter di Jepang, baru-baru ini memasang peringatan bercetak tebal pada dinding stasiun, bahkan pada tisu toilet, untuk mengingatkan warga Jepang akan kebiasaan buruk ini.

Di belahan dunia lain seperti Amerika Serikat, kebiasaan yang sama bahkan telah mengakibatkan setidaknya dua juta orang terluka, menurut penelitian dari Ohio State University pada tahun 2013.

Cara unik Jepang dalam mengedukasi warganya diharapkan dapat menyadarkan para pengguna ponsel bukan hanya di negaranya sendiri, namun juga bagi para pengguna ponsel di seluruh dunia.

“Harap lihat ke depan ketika Anda berjalan. Menggunakan ponsel ketika berjalan adalah hal yang berbahaya.”

Baca artikel menarik lainnya di CNNIndonesia


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews