Tertipu Propaganda ISIS, Mereka Ingin Pulang ke Indonesia

Tertipu Propaganda ISIS, Mereka Ingin Pulang ke Indonesia

Mereka yang mengungsi di Kamp Ain Issa, Suriah (Foto: bbc.com/indonesia)

BATAMNEWS.CO.ID - Sebanyak 17 WNI yang sebelumnya berada di wilayah kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS, masih berada di kamp Suriah dan menyatakan banyak dari mereka yang sakit-sakitan dan mereka "ingin kembali ke Indonesia."

Melalui bantuan petugas Kamp Ain Issa di Suriah, Omar Allouche yang merekam suara mereka, salah seorang dari WNI yang menyebut bernama Dilfansyah Rahmani, mengatakan kondisi mereka sakit-sakitan.

"Kami 17 orang ingin bersama-sama kembali ke Indonesia. Kami berharap...bantuan dari pemerintah Indonesia membantu kami keluar dari Suriah dengan aman," kata Dilfansyah.

Dilfansyah termasuk di antara 12 perempuan lainnya berada di kamp tersebut dan belum bertemu dengan anggota keluarga laki yang berada di Kobane, kota di Suriah Utara.

"Bersama yang laki-laki, lima orang di Kobane, Insya Allah kami berharap mereka dapat keluar dari penjara Kobane dan kami semua bersama-sama kembali ke Indonesia."

"Kami belum bisa bertemu dengan keluarga kami (yang laki)... kami belum tahu kabarnya, kondisi kami di sini juga banyak yang sakit sakitan, uang semakin menipis," ia menambahkan.

Omar Allouche sendiri mengatakan kepada BBC Indonesia, 12 WNI yang terdiri dari perempuan dan anak-anak itu telah berada di kamp tersebut selama 10 hari.

Dalam wawancara dengan wartawan AFP di kamp tersebut pekan lalu, salah seorang WNI, Nur, mengatakan propaganda ISIS semuanya bohong. ***

Baca lebih lengkap dari BBC.com/indonesia


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews