BNNK Tanjungpinang Tes Urine Seluruh Kru Kapal, Ini Hasilnya..

BNNK Tanjungpinang Tes Urine Seluruh Kru Kapal, Ini Hasilnya..

Kru kapal menjalani tes urine (foto : Afriadi/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tanjungpinang melakukan tes urine kepada kru kapal di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP), Selasa (20/6).

Kepala BNN Kota Tanjungpinang Abdul Hasim mengatakan, tes urine ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi angkutan Lebaran agar tercipta kondisi dan keselamatan pelayaran, khususnya angkutan laut.

"Sebelum mereka berangkat kami tes. Jangan sampai saat membawa penumpang mereka mengonsumsi obat-obatan terlarang," katanya tengah berada dilokasi.

Hasim menyebutkan, agar tidak dalam pengaruh zat-zat narkotika, sejauh ini sudah dilakukan pengetesan pada 70 orang kru kapal. Selain memeriksa kru kapal, BNN Kota Tanjungpinang juga mengecek kru transportasi udara di bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang (RHF).

"Alhamdulillah sampai saat ini, belum ada yang positif, untuk yang kru pesawat ada 30 orang yang di tes urine saat ini masih berjalan," kata dia.

Menurutnya, setiap ada kapal yang baru datang tim langsung melakukan tes urine pada krunya. Kami mengikuti jadwal dan membagi anggota agar tidak mengganggu yang lainnya. Dalam pemeriksaan Urine petugas terdiri dari BNN, Polres Tanjungpinang, KSOP, Karantina, Pelindo.

Selain melakukan pengetasan urine kru kapal juga melakukan pengecekan tensi, kolesterol serta gula darah. Yoyok Dwi Santoso Kepala Seksi Karantina mengatakan, pengecekan pada kru kapal untuk mengetahui kesehatan mereka, ini dilakukan untuk berjalannya arus mudik tetap berjalan lancar.

"Dalam pemeriksaan semua kru kapal layak untuk membawa kapal, mereka dalam keadaan sehat," jelasnya.

Musim mudik lebaran ini, kata dia, pihaknya juga mensiagakan dokter dan ambulance yang senantisa siaga apabila ada penumpang saat mudik dalam keadaan sakit.

"Kita standby, dari kemaren ambulance serta dokter semua pelayanan gratis," ujarnya.

(adi)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews