Wawancara Sosok di Balik Ikon Chipsley di Singapura

Benny Tay: Kelahiran Chipsley Karena Cinta

Benny Tay: Kelahiran Chipsley Karena Cinta

Credit to Chipsley®

IA sosok warga Singapura yang hangat. Suka menyapa dengan senyum. Ramah, dan rendah hati. Berdiskusi dengan pria berkacamata minus ini juga sangat menarik.

Bernama lengkap Benny Tay, pria 41 tahun inilah yang menciptakan ikon Chipsley. Benny mengatakan, Chipsley adalah wujud keluarga anjing laut yang ramah dan juga jenaka. Itulah sebabnya, Chipsley diciptakan agar disukai segala kalangan usia. Dari anak-anak hingga orang dewasa.

Melalui Chipsley ia ingin agar anak-anak mencintai bumi. Mendidik anak-anak bagaimana mencintai lingkungan. Sebab anjing laut adalah ikonnya, maka pesannya pun jelas agar es tak mencair di kutup utara dan selatan. Sasarannya adalah pemahaman tentang Climate Change dan Global Warming.

Kini, Chipsley telah menjadi ikon Snow City, Singapura. Chipsley akan menyambut setiap pengunjung yang datang ke Snow City, sebuah tempat yang dirancang seperti di kawasan bersalju dengan ragam permainan yang hanya ada di daerah salju. (Baca Juga: Pesan CInta Chipsley dari Kota Salju)

Tentu Benny tak sendiri dalam mengerjakan animasi Chipsley ini. Ia berdua dengan Ho Weijin, 32 tahun. Di lembaga Chipsley, Benny adalah Founder & Director, sedangkan Weijin sebagai Legal Counsel & Business Development Director.

Saat ini Chipsley begitu populer, tak hanya di Singapura juga di beberapa negara lain, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Bahkan, fanpage facebook Chipsley dalam beberapa bulan terakhir melonjak sampai 700 ribu like, diperkirakan tak lama lagi akan menembus sejuta like.

Itulah sebabnya, wartawan batamnews.co.id beberapa kali berdiskusi dengannya membahas Chispley. Berikut adalah petikan wawancara dengan Benny Tay dalam beberapa kesempatan, termasuk bertanya melalui email dan WahtsApp yang berlangsung tadi malam, Minggu (18/6/2017):

Dapatkah Anda berbagi lebih banyak tentang inspirasi di balik Chipsleys? Siapakah makhluk ini dan apa yang mereka wakili?

Cinta. Mungkin klise, tapi memang kelahiran Chipsley karena cinta. Istri saya adalah penggemar berat hewan dan saya ingin menciptakan karakter animasi yang mewakili kasih sayang saya untuknya.

Keluarga Chipsley adalah keluarga dengan 6 anjing laut dan mereka diciptakan untuk menyebarkan pesan cinta universal - cinta diri sendiri, keluarga seseorang, tetangga, dan dunia itu sendiri.

Apakah Anda seorang seniman terlatih? Apa yang Anda lakukan sebelum merancang Chipsleys?

Meskipun saya mengambil mata pelajaran seni di sekolah menengah pertama, namun saya tidak pernah mendapat pelatihan lebih lanjut dalam seni rupa. Saat ini saya masih menjalankan beberapa bisnis lain di industri Desain Interior dan I.T.

Seberapa populer Chipsleys di Singapura, juga di luar negeri?

Chipleys telah ada sejak 2013. Namun, kami memberi karakter lebih dalam dan meluncurkan kampanye media sosial pada September 2016. Sejak itu, like fanpage facebook kami meloncat dari 16.000 menjadi 700.000 dalam 9 bulan terakhir. Penggemar kami kebanyakan dari Indonesia, Hong Kong, Malaysia, Myanmar, Vietnam, Singapura dan Kamboja.

Sebagai pencipta Chipsleys, bagaimana perasaan Anda melihat karakter ini begitu populer?

Saya sangat gembira mengetahui bahwa karakter saya semakin populer, dan bahagia karena banyak orang yang menghargai pesan positif Cinta Universal yang disampaikan Chipsleys ke seluruh dunia.

Kapan Anda mulai tur Chipsleys? Berapa negara yang telah Anda kunjungi untuk memikat lebih banyak kesadaran tentang perubahan iklim dan isu lingkungan?

Akhirnya, saya berharap untuk membawa Chipsley ke setiap bagian dunia. Saat ini, kami mendorong Chipsley untuk mengembangkan kehadirannya di Singapura, Indonesia, Vietnam dan Hong Kong. Chipsley terutama mempromosikan konsep Universal Love.

Konsep ini mencakup cinta terhadap planet tempat kita tinggal. Kami berharap dapat menciptakan lebih banyak kesadaran tentang masalah perubahan iklim dan lingkungan dengan mitra strategis kami.

Saat ini, kami bekerja sama dengan Snow City, Singapura, untuk tujuan ini, dan kami berharap dapat bekerja sama dengan mereka untuk mewujudkan kesadaran ini di seluruh dunia.

Apa yang Anda lakukan pada tur Anda?

Menjadi start-up, setiap orang dalam tim memainkan banyak peran. Saya menangani terutama pekerjaan manajemen dan pelaksanaan, sementara mitra saya menangani strategi bisnis, hukum, dan manajemen IP. Kami berdua berperan aktif dalam pengembangan bisnis.

Dalam sebulan, berapa lama Anda ke luar negeri untuk kepentingan Chipsley?

Saya bepergian ke luar negeri untuk bekerja, terutama sekitar 1 minggu per bulan.

Apa tantangan yang Anda hadapi saat bepergian dengan Chipsleys?

Tantangan awal yang kami hadapi tidak mengetahui gaya kerja orang yang berbeda dari berbagai negara, sebab itu berusaha keras mempelajarinya agar cita-cita kami tidak bergesekan dengan budaya yang berbeda-beda dari setiap tempat yang kami kunjungi. Kini, kami telah belajar menyesuaikan diri dengan mitra kami dan ini merupakan pengalaman belajar yang hebat.

Lalu, adakah yang membuat Anda bahagia dari kunjungan itu?

Memang, yang membuat saya benar-benar senang ketika mengetahui bahwa tanggapan publik yang begitu antusias terhadap Chipsley. Setiap saat ketika saya menunjukkan Chipsley kepada seseorang -terlepas dari apakah itu orang Singapura atau orang asing-- mereka menyukainya dan ini membuat saya sangat bahagia dan bangga menjadi orang Singapura, mewakili IP buatan Singapura.

Berikut link social media Chipsley:

1. www.facebook.com/iamchipsley

2. www.instagram.com/iamchipsley

3. www.chipsley.com

4. Chipsley has been made the FIRST Animated Brand Ambassador on Fanfare Global (www.fanfare.global). Download Link: q-r.to/bal2V6 for both IOS & Android phones.  

5. Emojis (LINE Store US$0.99 dan Mojilala - Free)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews