Penampakan Air Menyembur dari Awan Hitam di Singapura

Penampakan Air Menyembur dari Awan Hitam di Singapura

Foto-foto: straitstimes.com

BATAMNEWS.CO.ID, Singapura - Fenomena cuaca bisa diamati dari Sengkang, Singapura. Begitu kata pembaca The Straits Times yang memotretnya dari dari Anchorvale Road.

Dari foto terlihat air menyembut dari awan hitam yang memayungi kota Singapura. Tampaknya saat difoto, cuaca Singapura sedang buruk.

Menurut Badan Lingkungan Nasional (NEA), semburan air adalah fenomena cuaca pendek yang kadang-kadang terlihat di perairan pesisir Singapura.

Biasanya terbentuk di bawah awan cumulus atau cumulonimbus di atas perairan pantai yang hangat sesaat sebelum hujan dimulai.

Menurut situs NEA, "saluran" dibentuk oleh tetesan air di pusaran udara yang berputar. Namun tidak sekuat dan merusak seperti tornado.

Semburan air dari awan dapat menimbulkan bahaya bagi kapal kecil di sekitarnya, namun akan melemah dan hilang saat berada di dekat pantai.

Semburan air dari awain hitam itu biasanya datang dengan badai, sehingga petir dan angin kencang bisa menyertainya. Rata-rata tiga semburan air setahun telah dilaporkan di Singapura.

Straits Times terakhir melaporkan penampakan pada bulan Agustus tahun lalu, namun laporan tentang ejaan air telah muncul di surat kabar lokal sejak tahun 1908.***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews