Australia Macam-macam, TNI Siapkan Pasukan Elit Kawal Eksekusi Mati

Australia Macam-macam, TNI Siapkan Pasukan Elit Kawal Eksekusi Mati

Panglima TNI Jenderal Moeldoko. (foto: tempo)

Jakarta - Panglima TNI Jenderal Moeldoko memerintahkan pasukan elit TNI untuk berjaga-jaga menjelang eksekusi mati dua anggota sindikat narkotika Bali Nine yang juga warga negara Australia, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.

Perintah Jenderal TNI Moeldoko ini merupakan reaksi atas penolakan Australia terkait rencana eksekusi mati dua warganya tersebut.

Moeldoko mengatakan, TNI mendukung langkah-langkah yang diambil Presiden Jokowi terhadap pengedar narkotika dan sepenuhnya mendukung pelaksanaan eksekusi mati. “TNI tidak terpengaruh oleh apapun dan siapapun atas hal itu,” katanya Jumat (20/2/2015).

Untuk memperkuat dukungan TNI terhadap pelaksanaan eksekusi mati, lanjut Moeldoko, dia telah memerintahkan para komandan pasukan elit untuk membuat perencanaan detail bersama pihak Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Kementerian Hukum dan HAM.

Pengerahan pasukan elit ini, imbuhnya, untuk mengantisipasi adanya gangguan yang bersifat fisik maupun non fisik. Tak cuma itu, unsur intelijen dan alat tempur juga akan disiagakan. Para komandan satuan khusus juga harus bersiap-siap.

“Sekali lagi, TNI sangat memahami kemungkinan-kemungkinan ancaman tersebut. Setelah saya perintahkan hari ini para komandan satuan khusus sudah menyiapkan dirinya dengan baik,” tegas Moeldoko di Mabes TNI, Cilangkap.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews