Ratusan Paus Pilot Terdampar dan Tewas di Pantai

Paus pilot yang terdampar di pantai berusaha diselamatkan para relawan (Foto: AFP)

Wellington - Lebih dari 100 paus pilot yang terdampar di pantai Selandia Baru akhirnya meninggal. Sedangkan sekitar 90 paus pilot lainnya yang ikut terdampar juga terancam. 

Paus tersebut terdampar, Jumat di Farewell Spit di ujung utara Pulau Selatan. Puluhan relawan berusaha menyelamatkan paus langka tersebut pada saat air pasang.

Sayangnya, Juru Bicara Departemen Konservasi (DOC) Andrew Lamason mengatakan, paus sempat berenang kembali ke laut, namun kembali kandas.

“Saat ini ada sebanyak 103 yang dipastikan tewas dan kami mencoba untuk menyelamatkan sisanya," katanya seperti dilansir batamnews.com dari AFP. 

Untuk menghindari dehidrasi, sekitar 150 relawan berusaha menutupi paus agar tak langsung terpapar sinar matahari.

“Tapi kami mempersiapkan diri untuk hasil yang sangat buruk, setiap kali mereka kembali untai kesehatan mereka turun cukup drastis,” ujar Andrew Lamason.

Lamason mengatakan insiden itu menyedihkan.

Pantai Farewell Spit, sekitar 150 kilometer (95 mil) barat dari kota wisata Nelson, kerap terjadi paus terdampar. Paus terdampar tersebut terutama di musim panas.

“Kemungkinan mereka berburu ikan hingga ke sini lalu sesat dan terdampar,” kata Lamason.

Paus pilot tumbuh hingga enam meter (20 kaki) dan merupakan spesies yang paling umum dari ikan paus di perairan Selandia Baru.

 

[snw]

SHARE US :