Ribuan Warga Anambas Serbu Lokasi Pengobatan Gratis TNI

Ribuan Warga Anambas Serbu Lokasi Pengobatan Gratis TNI

Ribuan warga Anambas ikuti pengobatan massal gratis yang digelar Satgas Kesehatan TNI. (foto: adi/ist/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Satuan tugas gabungan kesehatan TNI melakukan kegiatan pengobatan massal di Tarempa dan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas, Minggu (21/5). Dalam acara itu, 1.576 orang berhasil diobati.

Dengan menggunakan Kapal Rumah Sakit TNI AL KRI dr. Suharso-990, Satgas Bakti Sosial TNI disambut antusias warga Anambas. Informasi itu sebelumnya sudah diketahui oleh warga melalui Pemkab Anambas.

Beberapa kasus penyakit yang berhasil diobati tim kesehatan TNI antara lain operasi katarak 281 orang, operasi bibir sumbing 1 orang, khitan 8 orang, pengobatan umum 698 orang, pengobatan gigi dan mulut 259 orang, pemberian alat bantu dengar 113 orang, kursi roda 111 orang, pembagian kaca mata baca 100 orang, kandungan 3 orang, bedah mayor 5 orang, gigi 259 orang, berobat mata 408 orang. Sedangkan pasien yang dievakuasi ke RSPAD Jakarta untuk operasi lanjut ada tiga orang.

Bupati Kabupaten Anambas Abdul Haris atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Anambas mengucapkan terimakasih kepada Panglima TNI dan Tim gabungan Kesehatan TNI karena dijadikanya Tarempa dan Jemaja sebagai daerah sasaran bakti sosial pengobatan itu.

Selain itu, ucapan yang sama kepada Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Johan Wahyudi, Kapolres KKA AKBP Junoto, Danramil atas bantuan memobilisasi dan mengarahkan masyarakat untuk berobat secara gratis. Masyarakat nelayan dibantu juga melalui transportasi perahu dari pulau-pulau ke lokasi pengobatan massal.

Kapuskes Mayjen TNI Benzura Rimba dalam sambutannya mengatakan, dipilihnya Tarempa dan Jemaja sebagai lokasi kegiatan baksos TNI adalah sesuai perintah Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Kegiatan itu dengan melibatkan  dokter spesialis dari TNI AD, AL dan AU.

Usai melaksanakan bakti sosial pengobatan gratis KRI dr Suharso-990 kembali Batam dan selanjutnya akan menuju Pangkalan di Jakarta.

(adi)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews