Tips Mengamankan Akun E-mail Anda dari Tangan Jahil

Tips Mengamankan Akun E-mail Anda dari Tangan Jahil

Ilustrasi peretas (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Untuk menjaga keamanan atau menghindari dari tangan-tangan jahil, Anda harus rutin mengganti password e-mail.  

Terkait siber security, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengimbau yang berkaitan dengan dunia siber, masyarakat harus update password paling tidak sebulan sekali.

“Sebisa mungkin atau paling tidak sebulan sekali harus diupdate dan lain sebagainya,” kata Menkominfo Rudiantara saat ditemui usai acara konferensi pers soal malware Wannacrypt di Jakarta, Minggu (14/5/2017) dilansir merdeka.com.

Tak dimungkiri, kata dia, dengan aktivitas dunia maya yang begitu sering, cenderung keamanan seperti mengubah password kerap dikesampingkan. Padahal, sisi keamanan juga penting untuk dipedulikan.

“Kan kadang-kadang dari mulai create account e-mail Gmail atau Yahoo, dari beberapa tahun lalu sampai sekarang gak diubah-ubah. Jadi setidaknya hal itu juga perlu diperhatikan,” kata dia.

Meski begitu, berbeda pendapat dengan pengamat keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya. Kata dia, tak masalah bila password kerap diganti. Hanya saja, bila sudah kena key logger akan sulit dan pastinya tidak akan berpengaruh.

“Tetap aja passwordnya bisa diketahui peretas. Mau panjang sampai seperti judul skripsi juga percuma,” ungkap dia.

Lantas bagaimana caranya? Dijelaskan Alfons, caranya adalah mengaktifkan TFA Two Factor Authentication dan OTP One Time Password. Dengan cara itu, peretas tidak akan bisa masuk ke akun e-mail maupun media sosial.

“Itu kunci pengamanan yang harus dilakukan untuk mengamankan akun,” jelas dia.

Baca artikel menarik lainnya di merdeka.com


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews