Horeee, di Batam Sudah Bisa Gunakan Google Street View

Horeee, di Batam Sudah Bisa Gunakan Google Street View

Mobil Google yang tertangkap kamera tengah memetakan jalanan di Batam (Foto: Mirza Gunawan)

BATAMNEWS.CO.ID - Sekitar setahun lalu mobil Google mondar-mandir di jalanan kota Batam, Kepulauan Riau. Dan hari ini fitur Google Street View tersebut sudah bisa digunakan.

Hingga kini hampir seluruh peta di Kota Batam bisa diakses menggunakan google street. Setiap orang bisa melihat sudut-sudut kota, bahkan hingga ke permukiman.

Lantas bagaimana cara menggunakan Google Street View sendiri? 

Mengakses google street ini bisa menggunakan desktop PC/Laptop dan juga menggunakan mobile phone atau HP.

1. Menggunakan Desktop PC/Laptop

Mengakses Street View dengan desktop menurut saya memang pengalaman yang paling mengasyikkan karena selain fiturnya lengkap, juga lebih enak dilihat karena layarnya yang lebih lebar dibandingkan dengan HP. Namun sayangnya kita tidak bisa “mobile” jika menggunakan desktop PC.

Cukup dengan masuk ke alamat google.com atau google.co.id dan pilih menu maps dari daftar menu di sebelah kanan atas, seperti gambar di bawah ini. Atau tinggal ketik saja Google Map di address bar.

Setelah masuk ke Google Map, tinggal pilih jalan yang akan kita telusuri dan klik foto yang muncul di bagian bawah. Dan otomatis kita akan dibawa ke fitur Google Street View.

Ingat ya, kalau ketika kita klik di suatu jalan dan tidak muncul foto di bagian bawah, berarti Street View belum masuk ke jalan tersebut. Sebagai contoh adalah jalan Jendral Ahmad Yani Batam atau lebih kita kenal dengan Kawasan Panbil berikut yang sudah ada Street View-nya.

Bandingkan dengan jalan di Bukit Kemuning yang longsor beberapa waktu lalu. Terlihat tidak ada gambar/foto ketika klik di jalan Bukit Kemuning ini. Berarti Street View belum hadir di jalan itu.

Kalau menggunakan HP, tinggal install saja Google Street View. Kemudian tinggal buka aplikasi dan akan terlihat jalan mana yang sudah bisa diakses Street View-nya. Jalan berwarna biru berarti sudah ada fitur Street Viw, sementara jalan berwarna putih belum bisa dilihat Street View-nya.

GLangsung klik saja jalan yang mau kita lihat dan klik foto yang muncul di bagian bawah. Dan jika Aplikasi Street View ini sudah terinstall, kita juga bisa mengaksesnya lewat Google Map. Tinggal pilih jalan yang akan kita lihat dan fitur Street View akan muncul di bagian bawah. Mudah sekali bukan?

Selamat jalan-jalan di Batam? Kemana saja bisa kok dengan Street View.***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews