KSAL Ade Supandi Resmikan 2 Kapal Perang Karya Anak Bangsa di Batam

KSAL Ade Supandi Resmikan 2 Kapal Perang Karya Anak Bangsa di Batam

KSAL Laksamana TNI Ade Supandi meresmikan KRI Torani-860 dan KRI-861 di Batam (foto : Jim/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi meresmikan dan mengukuhkan Kapal Patroli cepat KRI Torani 860 dan KRI Lepu 861, produksi dalam negeri, Kamis (30/3/2017) di Dermaga Batuampar, Batam.

Kedua kapal patroli tersebut diproduksi oleh PT Karimun Anugrah Sejati Batam, yang selanjutnya akan diproyeksikan untuk memperkuat Satuan Kapal Patroli (Satkor) TNI Angkatan Laut dengan dipersenjatai kanon kaliber 20 mm pada haluan dan pucuk SMB (senapan mesin berat) kaliber 12,7 mm pada buritan.

Selain itu, kedua kapal tersebut masuk dalam kelas PC 40 yang mempunyai panjang keseluruhan 45,5 meter, lebar 7,9 meter dan kecepatan maksimal 24 knot. Serta kecepatan jelajah 15 knot dengan memiliki kapasitas bahan bakar dalam sekali jalan 70.000 liter dan memiliki endurance berlayar selama 6 hari.

Untuk dapur pacu, kapal ini disokong 2 buah mesin diesel MTU yang masing masing berkekuatan 2480 HP. Namun, kapal patroli ini sudah dilengkapi mission management system bila suatu waktu diperlukan kanon RCWS (Remote Control Weapon System) dengan mudah dapat dipasang.

"KRI Torani-860 dan KRI-861 sebagai hasil produksi dalam negeri telah membuktikan bahwa industri pertahanan memiliki kemampuan untuk mendukung program pemerintahan," ujar KSAL TNI Ade Supandi.

"Sekaligus membangun kemandirian nasional bidang teknologi pengembangan alustista TNI. Rencananya kapal ini akan segera memperkuat sistim pertahanan TNI AL di wilayah Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) tepatnya disepanjang perairan Selat Malaka."

Dalam acara tersebut, tampak hadir Kapolda Kepri Irjen Sam Budigusdian, Danrem 033/WP Brigjen Fachri, Danlatamal IV Laksamana S. Irawan dan beberapa tamu penting lainnya.***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews