Raja Salman Tinggalkan Jakarta, Ini Kesannya Soal Indonesia

  Raja Salman Tinggalkan Jakarta, Ini Kesannya Soal Indonesia

Raja Salman saat akan menaiki tangga pesawat meninggalkan Jakarta. (foto: istimewa/dream)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud mengakhiri kunjungan kenegaraannya selama 3 hari di Jakarta. Raja Salman pagi ini bertolak ke Brunei Darussalam sebelum melanjutkan liburan di Bali.

Meski hanya tiga hari melakukan kunjungan kenegaraan di Jakarta, namun ada kesan yang begitu membekas di hati raja ketujuh dari negeri kaya minyak tersebut.

Sebelum naik ke pesawat, Raja Salman sempat mengatakan kecintaannya kepada Indonesia.

Menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), salah satu yang membekas di hati Raja Salman adalah tentang keramahan rakyat Indonesia yang menyambutnya begitu istimewa selama di Jakarta.

"Semalam dan tadi, menyatakan lagi terima kasih dan luar biasa, (Raja Salman) menganggap ini rumahnya yang kedua. Ini negeri saya yang kedua," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla, dalam konferensi pers di VVIP Bandara Halim Perdanakusuma.

Menurut JK, kesan Raja Salman kepada Indonesia seperti itu. Alasannya, lanjut JK, semenjak resmi diangkat menjadi Raja Arab Saudi dan melakukan kunjungan ke luar negeri, saat ke Indonesialah ia disambut dengan sangat meriah.

"Semenjak beliau jadi raja ke luar negeri, saya kira ini penyambutan yang luar biasa menurut dia. Saya bilang ini kecintaan rakyat Indonesia," kata JK menjelaskan.

JK berharap dari hasil kunjungan Raja Salman ini hubungan antarkedua negara bisa lebih terjalin baik.

Pada dasarnya, menurut JK, baik Indonesia maupun Arab Saudi sama-sama negara yang saling membutuhkan. “Jangan lupa kunjungan orang Indonesia terbesar ke luar negeri itu ya ke Saudi (sebanyak) 1,2 juta per tahun. Lebih besar dari ke Jepang, Malaysia. Jadi tentunya mereka juga mengharapkan yang sama, banyak orang Indonesia yang berkunjung ke sana,” kata JK.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews