Dikaruniai 13 Anak, Ini Kisah Istri-istri Raja Salman

Dikaruniai 13 Anak, Ini Kisah Istri-istri Raja Salman

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Kedatangan Raja Salman ke Indonesia tanpa membawa istrinya menimbulkan pertanyaan seputar siapa sosok sang istri. Karena, keluarga Kerajaan Arab Saudi tak luput dari perhatian media.  

Raja Salman dikaruniai 13 anak dari tiga orang istri. Berikut adalah kisah istri - istri Raja Salman.  

Istri Pertama 

Sultanah bint Turki Al Sudairi adalah istri pertama sekaligus sepupu jauh Raja Salman. Mereka dianugerahi enam orang anak bernama Pangeran Fahd (1955-2001), Pangeran Sultan (lahir tahun 1956), Pangeran Ahmed (1958-2002), Pangeran Abdulaziz (lahir tahun 1960), Pangeran Faisal (lahir tahun 1970), dan Putri Hussa (lahir tahun 1974).

Dilansir dari Arab News, istri pertama Raja Salman dikenal sebagai seorang filantropis. Semasa hidupnya ia kerap memberi dukungan kepada sejumlah yayasan amal yang bergerak di bidang kesehatan. Ia juga dikenal sebagai perempuan berhati mulia karena punya perhatian besar kepada orang - orang tak mampu dan berkebutuhan khusus. 

Bagi Raja Salman, peran Sultana bukan hanya sebagai istri namun ia adalah teman hidup serta teman berbagi kala menolong orang yang kesusahan. Di tahun 2011 Sultana meninggal dunia di usia 71 tahun setelah menderita sakit dalam waktu yang cukup lama. Kematian Sultana merupakan kehilangan terbesar bagi Raja Salman terlebih lagi ketika dua putranya, Pangeran Fahd dan Ahmad juga meninggal dunia karena serangan jantung.  

Dari Sultana, Raja Salman memiliki Pangeran Sultan yang dikenal dengan prestasinya cemerlang. Ia menjadi anggota kerajaan pertama yang terbang ke luar angkasa dengan pesawat Discovery pada Juni 1985. Pangeran Sultan juga merupakan Ketua Saudi Commission for Tourism and Antiques (SCTA). Kemudian Abdul Aziz bin Salman menjadi wakil menteri perminyakan sejak 1995, sementara Pangeran Faisal bin Salman terjun ke dunia politik dengan menjadi Gubernur provinsi Madinah.

Istri Kedua

Dari istri keduanya, Sarah bint Faisal Al Subai’ai, Raja Salman dikaruniai satu putra yaitu Pangeran Saud.

Istri Ketiga

Pernikahan ketiga Raja Salman adalah dengan Falah bin Sultan Al Hithalayn. Ia kembali dianugerahi enam anak yang semuanya lelaki yaitu, Pangeran Mohammed, Pangeran Turki, Pangeran Khalid, Pangeran Nayif, Pangeran Bandar dan Pangeran Rakan. Pangeran Muhammed, adalah penasehat pribadinya di kementerian pertahanan dan di Crown Prince Court.

Pangeran Turki bin Salman menjadi ketua Penelitian dan Marketing Group Arab Saudi sejak Februari 2013, menggantikan kakaknya Faisal bin Salman yang meninggal dunia.

Raja Salman menempati takhta setelah menggantikan saudara tirinya Raja Abdullah yang mangkat di usia ke 90 tahun pada 2015. Dalam kunjungan ke Indonesia Raja Salman juga membawa beberapa putranya yaitu Pangeran Ahmed, Pangeran Saud, Pangeran Mohammed, Pangeran Nayif dan Pangeran Rakan.  

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews