Amsakar Wanti-wanti Pejabat Pemko soal Korupsi

Amsakar Wanti-wanti Pejabat Pemko soal Korupsi

Amsakar Achmad (Foto: Ist)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad mengingatkan pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bebas dari Kolusi, Korupsi, maupun Nepotisme (KKN). Selain itu harus kerja cepat dan responsif.

“Kita jangan bermazhab seperti zaman dahulu. Mau tidak mau, suka tidak suka, karena kita yang memilih menjadi pegawai negeri,” ujar Amsakar Achmad saat membuka Test Assestment di Aula Engku Hamidah Lantai IV Kantor Walikota Batam, Jumat (24/2/2107). 

Amsakar mengatakan tes ini merupakan mekanisme atau proses yang harus dilalui dalam pengangkatan pejabat tinggi pratama. Tes bertujuan agar didapatkan pejabat yang berkualitas.

“Proses seleksi ini menghasilkan SDM yang berkualitas untuk memimpin, harus memiliki kompetensi,” kata Amsakar.

Amsakar mengatakan dengan terpilihnya empat pejabat tinggi pratama di seleksi ini maka lengkaplah OPD Pemko Batam. 

Asesor dari Polda Kepri, Dwi Nuryanto mengatakan pelaksanaan tes ini prinsipnya multi tools dan multi asesor. Tiap peserta atau asisi diukur dengan dengan beberapa macam penilaian yaitu psycotest problem, analysis simulation, leadership, group discussion, paparan dan interview.

“Skornya sesuai dengan level kompetensi. Hasilnya sangat memenuhi syarat, memenuhi syarat, cukup memenuhi  syarat, belum memenuhi syarat,” ujar Dwi pada kesempatan yang sama. 

Dwi menyampaikan selama ini tidak ada kendala karena sudah disiapkan dengan baik oleh panitia. Asisi pun antusias mengikuti tes.

Assessment test ini diikuti 19 asisi yang memperebutkan empat kursi jabatan. Yakni empat peserta untuk posisi Kepala Dinas Kesehatan, lima peserta untuk jabatan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, lima peserta jabatan Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, dan lima peserta untuk Direktur RSUD Embung Fatimah.

Hasil tes akan diumumkan pada 2 Maret mendatang. Kemudian dilanjutkan dengan penulisan makalah pada 3 Maret, dan presentasi serta wawancara pada 6 Maret. Terakhir pembahasan hasil penulisan makalah pada 7 Maret.

Panitia Seleksi diketuai oleh Sekretari Daerah dengan Kepala BKD dan SDM sebagai Sekretaris merangkap anggota dan 3 orang anggota lainnya yang terdiri dari unsur Tokoh Masyarakat dan Akdemisi.***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews