Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemko Dapat Nilai CC

Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemko Dapat Nilai CC

Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad (Foto: Istimewa/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Kota Batam mendapat nilai CC untuk tahun anggaran 2016. Penilaian ini hanya naik satu tingkat dibandingkan tahun anggaran sebelumnya.

"Tahun yang akan datang mudah-mudahan A, tahun anggaran 2015 lalu kita mendapat nilai C, naik sedikit di tahun ini," kata Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad di Kantor Walikota Batam, Jumat (3/1/2017).

Amsakar mengatakan, bahwa penilaian LAKIP ini berdasarkan pada konsistensi antara Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Strategis (renstra), Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Rencana Kerja (renja), serta Indeks Kinerja Utama (IKU) pada tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah.

"Lakip ini tidak bicara tata kelola keuangan, tapi sistemnya. Lakip menitikberatkan pada IKU itu. Harus ada konsistensi antara rencana dengan pelaksanaan. Kita dinilai ada ketidakkonsistenan pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kinerja," kata dia.

Untuk itu Pemko Batam akan mengupayakan agar tahun anggarab selanjutnya bisa mendapat nilai A. Ada tiga upaya yang akan dilakukan tim Pemko Batam.

Pertama, mengupayakan konsistensi dokumen perencanaan. Sinkronisasi harus dilakukan mulai dari RPJMD, renstra, renja, RKPD, sampai IKU (Indikator Kinerja Utama). Bahkan sampai ke rencana kerja dan anggaran (RKA) akan dibuat konsisten semuanya.

Kedua, dengan menggunakan satu sistem yang sudah terbangun di Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Aplikasi ini sudah digunakan Pemerintah Kota Bandung, dan akan diadaptasi di Pemko Batam.

"Tentu ada yang namanya aplikasi untuk mewujudkan hal tersebut, maka dari itu kita akan mengadopsi dari Pemerintah kota Bandung," kata Amsakar.

Dan ketiga, Pemko Batam akan mengubah orientasi kerja dari outcome menjadi output. Artinya capaian kerja tak hanya hasil, tapi hasil dan manfaat sekaligus.

"Tiga langkah ini sejalan dengan rekomendasi Menpan (Menteri PANRB). Dan untuk melaksanakannya kita akan segera buat tim, tim akan bekerja untuk mengupayakan semaksimal mungkin," kata Amsakar.

 

[ret]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews