Spesialis Pencuri Barang Dalam Mobil Dibekuk, Begini Modus Operasinya

Spesialis Pencuri Barang Dalam Mobil Dibekuk, Begini Modus Operasinya

Dua pelaku pencurian barang di dalam mobil (baju tahanan) saat ekspos oleh Kasat Reskrim Polresta Barelang. (foto: edo/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Satuan Reserse Kriminal (satreskrim) Polresta Barelang, menangkap dua pelaku spesialis pencurian barang di dalam mobil pada Sabtu (20/1/2017).

Dua orang pelaku tersebut ialah Denjaka (20) dan Joni (29). Mereka beraksi ketika pemilik mobil lengah atau dalam kondisi tidak terkunci.

Kasat Reskrim Polresta Barelang, Kompol Memo Ardian menjelaskan, kalau kedua pelaku memanfaatkan lengahnya pemilik mobil, kemudian mereka juga mensurvei mobil yang berada di parkiran dalam kondisi tidak terkunci.

"Jadi modusnya itu berkeliling di parkiran. Mengecek mana kendaraan yang tidak terkunci. Jika mobil itu tidak terkunci, mereka langsung beraksi," Kata Kompol Memo, saat gelar ekpos di Polresta Barelang, Rabu (25/1/2017).

Aksi kedua pelaku sudah dilaporkan oleh korban yang kehilangan barang di dalam mobil. Sudah ada beberapa korban yang membuat laporan di beberapa polsek. Dari informasi tersebutlah, polisi langsung bergerak cepat dan mengamankan kedua pelaku.

"Setelah mendapat laporan, kami bergerak dan mencari pelaku. Kita amankan mereka beberapa waktu lalu," ucap Kasat Rerkrim.

Joni salah satu tersangka mengatakan kalau sudah empat kali melakukan aksi ini. Selama beraksi, ia sudah mendapatkan handphone, tas yang berisi uang dan beberapa barang berharga lainnya.

"Saya sudah empat kali, di Sengkuang, Mega Mall, Pasar Mega Legenda dan di Batam centre," katanya.

Ia juga membenarkan kalau selama sebelum beraksi kedua orang ini mengecek pintu mobil yang terparkir. Terkadang, ia sering menunggu mobil yang baru saja terparkir dan ditinggalkan pengendaranya.

"Biasanya mobil yang baru diparkir kami langsung datangi. Kebanyakan orangnya lupa untuk mengunci mobil itu," ujarnya.

Selama beraksi, Joni selalu bersama Denjaka. Uang hasil curian mereka bagi dua. Terkadang uang tersebut mereka gunakan untuk berfoya-foya bersama teman-temanya.

(edo)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews