Delegasi Uni Eropa: Natuna Berpotensi Lebihi Bali

Delegasi Uni Eropa: Natuna Berpotensi Lebihi Bali

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Perwakilan delegasi Uni Eropa Rafael de Bustamante Tello punya opini menarik soal Natuna. Ia menilai potensi Kabupaten Natuna melebihi Bali.

Hal ini diakui Rafael saat jumpa pers usai pertemuan dengan Bupati Natuna, Hamid Rizal, Rabu (18/1/2017). Menurutnya, kedatangan ini tidak terlepas dari isu Natuna yang menjadi trending topik beberapa waktu terakhir.

"Natuna menjadi headline pemberitaan di media massa terkait illegal fishing. Apalagi Presiden Indonesia beberapa kali mengunjungi Natuna akhir-akhir ini. Kami melihat Natuna punya potensi bagus di beberapa sektor misalnya kelautan dan pariwisata," ujarnya.

Rafael yang menjabat Head of Political, Press and Information Section - European Union (Kepala Bagian Politik, Pers dan Informasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei) ini sebelumnya  menanyakan perkembangan akses komunikasi dan transportasi di Natuna kepada Pemda.

Agaknya negara-negara uni eropa dikatakan dia, bisa bekerjasama dengan Indonesia dalam investasi di Natuna. Namun tentu pihaknya terlebih dahulu melihat sejauh mana ketersediaan infrastruktur yang ada.

Beberapa poin seperti masalah perbatasan, perikanan, migas juga menjadi catatan penting Rafael yang dipaparkan pejabat SKPD.

Selain itu, peningkatan personel militer di Natuna juga ditanyakan Rafael apakah ada pengaruh terhadap pengembangan ekonomi di Natuna. "Ternyata Natuna masih jauh lebih baik dari Bali," ungkap pria asal Spanyol itu.

Rafael tidak memastikan apakah akan ada investasi negara Eropa di Natuna, namun ia mengatakan hal ini akan menjadi informasi penting dan berharga.

"Ya mungkin saja ada salah satu perusahaan Eropa yang tertarik investasi di sini. Saya saat ini sebatas mengumpulkan informasi tentang perkembangan Natuna," sebut dia.
 

[fox]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews