Menatap Masa Depan Technopreneurship dan Industri Kreatif

Menatap Masa Depan Technopreneurship dan Industri Kreatif

Algifanri Maulana (Foto: dok. pribadi)

ERA industrialisasi digital saat ini banyak fenomena menarik yang dapat kita lihat. Mulai dari semakin banyak bisnis-bisnis startup digital yang mulai tumbuh dan berkembang bahkan dalam menjalankan bisnis apa saja saat ini tak lepas dari penggunaan teknologi (ICT) informasi teknologi & informasi. Pemerintah juga terus mendukung peran serta industri kreatif ini untuk dapat bersaing dalam pasar bebas ASEAN 2015.

Bahkan sudah dari dua tahun yang lalu hingga saat ini di bawah naungan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara terus mendorong perkembangan industri tersebut hingga ke level International.

Kebersamaan saya dengan Menkominfo dan penggerak Industri Kreatif Indonesia di bidang teknologi digital membawa manfaat. Banyak sekali pembelajaran yang bisa saya petik yang saya terapkan hingga saat ini. 

Technopreneurship atau lebih dikenal dengan wirausaha dibidang ICT saat ini sangat penting untuk terus berkembang dan berinovasi untuk membantu pertumbuhan ekonomi dan menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia. 

Untuk mencapai tahapan kearah sana, masyarakat juga harus bisa memanfaatkan teknologi dengan baik dan benar. Teknologi yang baik dapat diartikan bahwa dalam pemanfaatannya bisa berguna bagi aktifitas kita, jangan sampai pemanfaatannya bisa membawa dampak buruk bagi kita. 

Salah satu contoh pemanfaatan teknologi digital yang baik saat ini banyak yang menggunakan teknologi digital untuk dapat dikenal oleh banyak orang, seperti menjadi seorang blogger, vlogger, bahkan menjadi seorang selebrity di Instagram. 

Semua bisa dilakukan hanya dengan pemanfaatan media social yang kita punya, nah kembali lagi ke kreatifitas dan inovasi yang kita punya bisa tidaknya diolah agar bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kita. 

Seorang technopreneur juga harus mampu menangkap potensi peluang bisnis digital yang semakin hari semakin berkembang dan harus dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi saat ini. 

Seperti saat ini pangsa pasar pemanfaatan teknologi digital bidang e-commerce di Indonesia sangat dominan bahkan perkembangannya begitu cepat.  Siapapun dapat memulai bisnis dengan mudah untuk era digital saat ini, jangan sampai kita ketinggalan dan jadilah bagian penting untuk menumbuhkan dan mewujudkan ekonomi digital yang berdikari, berdaulat dan berkepribadian Indonesia. 

Sebagai seorang praktisi dan juga akademisi yang mengajar dibidang Technopreneurship dan Industri Kreatif di Univ. Putera Batam saya berharap akan terus bertumbuh usaha-usaha baru dibidang industri kreatif. Sehingga banyak sumber daya manusia yang bisa kita serap untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Salam Digital!

 

Algifanri Maulana , S.SI., M.MSI.

Dosen Teknik Informatika Univ. Putera Batam

Chief Digital Academy of ADEI (Asosiasi Digital Enterpreneur Indonesia) Kepri

Chief Branding Kuadran Teknologi Indonesia COO of Buyhome.co.id


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews