Rekor Laga: Indonesia Ungguli Vietnam

 Rekor Laga: Indonesia Ungguli Vietnam

Timnas Indonesia vs Vietnam di leg pertama Piala AFF 2016. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Timnas Indonesia tampil mengejutkan di pergelaran Piala AFF 2016. Tak disangka, skuat Garuda melaju ke semifinal setelah menjadi runner-up Grup A. Boaz Solossa dan kawan-kawan menyingkirkan dua tim kuat yang Singapura dan Filipina.

Persiapan Indonesia menuju turnamen sepak bola antarnegara Asia Tenggara itu terbilang minim. Sebab, skuat Garuda baru saja vakum dari kegiatan persepakbolaan internasional menyusul sanksi FIFA untuk PSSI pada 30 Mei 2015-16 Mei 2016.

Usai lepas dari sanksi, PSSI mempercayakan komposisi pemain kepada Alred Riedl. Pelatih Austria itu baru melakukan seleksi pada Agustus 2016. Mereka juga hanya menjalani empat laga uji coba menjelang Piala AFF yakni melawan Malaysia, Myanmar, dan dua kali bersua Vietnam.

Kendati persiapan terbilang sangat tidak ideal, para pemain tetap bersemangat dan kini tinggal selangkah lagi menuju partai final. Indonesia sempat tampil mengecewakan di laga pertama usai dikalahkan Thailand dengan skor 2-4.

Pada laga kedua, Indonesia nyaris meraih kemenangan atas Filipina. Namun, tendangan bebas kapten Phil Younghusband membuat hasil imbang 2-2. Di pertandingan terakhir, Indonesia mampu menang 2-1 atas Singapura. Hasil tersebut pun membawa Tim Merah Putih melangkah ke semifinal.

Sukses di Semifinal

Indonesia sukses meraih kemenangan saat menjamu Vietnam di semifinal leg pertama. Bermain di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (3/12/2016), pasukan kebangsaan menang 2-1. Hasil positif ini pun menjadi modal bagus untuk menantang Vietnam di leg kedua.

Malam ini, Indonesia akan kembali berjuang di My Dinh Stadium, Hanoi, demi mendapatkan satu tiket ke final. Hansamu Yama Pranata dan kawan-kawan dipastikan akan tampil mati-mati demi mengharumkan nama bangsa di level internasional.

Skuat Garuda memiliki peluang lebih besar ketimbang tuan rumah karena menang 2-1 di pertemuan pertama.
 
Dengan keunggulan tersebut, Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk memastikan langkahnya ke final. Berkaca dari rekor pertemuan kedua tim, Boaz Solossa dan kawan-kawan lebih diunggulkan. Dari 10 pertemuan terakhir, Indonesia menang tiga kali, sekali kalah, dan sisanya berakhir imbang.

Tetapi, bukan perkara mudah untukj bisa menumbangkan Vietnam di kandangnya. Sebab, Le Cong Vinh dan kawan-kawan juga punya modal gol tandang yang membuat mereka hanya butuh menang 1-0 untuk menyingkirkan Indonesia.

Selain itu, mereka juga punya catatan positif dengan meraih empat kemenangan dan satu hasil imbang di lima laga terakhir di laga kandang.

Berikut 10 pertemuan terakhir Vietnam vs Indonesia:

11 Dec 2004 Vietnam 0-3 Indonesia (Piala AFF)
15 Jan 2007 Indonesia 1-1 Vietnam (Piala AFF)
11 Jun 2008 Indonesia 1-0 Vietnam (laga persahabatan)
15 Sep 2012 Indonesia 0-0 Vietnam (laga persahabatan)
16 Oct 2012 Vietnam 0-0 Indonesia (laga persahabatan)
20 Nov 2014 Vietnam 2-2 Indonesia (laga persahabatan)
22 Nov 2014 Vietnam 2-2 Indonesia (Piala AFF)
09 Okt 2016 Indonesia 2-2 Vietnam (laga persahabatan)
08 Nov 2016 Vietnam 3-2 Indonesia (laga persahabatan)
04 Des 2016 Indonesia 2-1 Vietnam (Piala AFF)

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews