7 Tips Atasi Penuaan Dini Pada Rambut

7 Tips Atasi Penuaan Dini Pada Rambut

Ilustrasi Merawat Rambut (foto : ist/net)

Miliki rambut yang sehat tentunya dambaan semua orang. Namun, terkadang penuaan pada rambut tidak mengikuti usia, banyak orang masih berusia muda mengalami perubahan pada rambutnya.

Seperti dilansir allure.com, saat usia bertambah, penuaan dini pada beberapa bagian tubuh pun pasti akan terjadi.

Berikut tips agar rambut selalu terlihat sehat dan cantik :

Kurangi penggunaan sampo

Saat usia bertambah, kelenjar minyak pada kulit kepala akan menurun kinerjanya, hingga kulit kepala akan menjadi lebih kering. Terlalu sering keramas dan penggunaan sampo yang berlebihan akan semakin membuat kulit kepala menjadi kering. Sehingga pasokan minyak ke rambut pun berkurang dan helaian rambut menjadi kusam dan kering.

Coba gunakan sampo hanya pada bagian akar rambut, Saat membilasnya busa sampo akan turun ke batang dan ujung rambut sehingga rambut akan bersih tanpa jadi terlalu kering.

Selalu gunakan sampo yang mengandung pelembap seperti sampo khusus rambut diwarnai, atau sampo yang tak mengandung sulfat (bahan deterjen).

Perlakukan rambut basah dengan lembut

Rambut yang basah sebenarnya lebih rapuh, dan dengan adanya penuaan dini makin membuatnya kian lemah. Untuk itu, hindari menggosok-gosok rambut basah dengan handuk. Tekan-tekan handuk dengan lembut ke permukaan rambut basah untuk menyerap airnya, dan hati-hati jangan pernah menyisir rambut saat basah. Sisir rambut dengan jari-jari tangan ataupun dengan sisir yang giginya jarang saat menggunakan kondisioner.

Selalu gunakan kondisioner

Ini penting untuk mengembalikan kelembapan pada rambut dan memudahkan penataan rambut. Tapi, jika rambut Anda tipis dan lemas gunakan kondisioner sebelum menggunakan shampo.

Kurangi paparan suhu panas

Jika Anda rutin menggunakan hairdryer dan alat catok, pastikan suhu panas yang ada tidak terlalu tinggi. Gunakan produk pelindung panas (heat protectant) agar rambut terlindung dari panas dan menghindari kerusakan.

Jangan sering mengikat rambut terlalu kencang

Kuncir rambut yang terlalu kencang, akan memberi tekanan pada bagian akar, yang mengakibatkan rambut patah-patah, dan garis rambut mundur. Jika Anda harus mengikat rambut jangan diikat terlalu kencang agar rambut tidak tertarik.

Tambahkan volume

Banyak yang mengalami penipisan rambut saat usia bertambah. Strategi yang tepat adalah menambah volume dengan produk seperti volumizing spray, hairspray ataupun dry shampoo yang digunakan pada akar rambut. 

Kembalikan kilauan rambut

Rambut yang muda dan sehat selalu terlihat mengilap. Namun biasanya, saat menua rambut terlihat semakin kusam. Untuk mengatasinya, selalu bilas sampo dan kondisioner sepenuhnya saat keramas. Perlu diketahui, sisa-sisa sampo dan kondisioner yang tertinggal akan membuat rambut jadi kusam. Sesudahnya, campur sedikit cuka ke dalam air dan bilas rambut dengan campuran ini.

Sesudah rambut kering gunakan sedikit shineserum ataupun shine spray pada rambut. 
 

Sumber : liputan6.com

[is]

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews