Raja Thailand Bhumibol Adulyadej Tutup Usia

Raja Thailand Bhumibol Adulyadej Tutup Usia

Rakyat Thailand mendoakan Raja Bhumibol Adulyadej. (foto: ist/reuters)


BATAMNEWS.CO.ID, Bangkok - Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej dilaporkan meninggal dunia pada usia 88 tahun. Raja Bhumibol merupakan raja terlama dalam catatan sejarah modern yang pernah memerintah satu negara. Raja Bhumibol telah berkuasa di Thailand selama 7 dekade.

"Yang Mulia telah meninggal di Rumah Sakit Siriraj dengan damai," kata pihak Istana Thailand dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Kamis (13/10). Pihak istana menambahkan Bhumibol meninggal dunia pada pukul 15.52 sore tadi.

Anaknya, yang juga merupakan ahli waris, yang saat ini berusia 63 tahun Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn, diharapkan untuk menjadi raja baru Thailand.

Raja Bhumibol sendiri meninggal dunia setelah mendapat perawatan serus sepekan terakhir. Kondisinya dilaporkan mengalami penurunan yang cukup dratis kemarin, dan isu bahwa dia sudah meinggal sudah berhembus sejak siang hari tadi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla mengucapkan belasungkawa atas wafatnya Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej. Ucapan bela sungkawa disampaikan Jokowi sekaligus mewakili seluruh rakyat Indonesia.

‎"Dunia kehilangan seorang pemimpin yang dekat dengan rakyatnya, pembawa kedamaian persatuan, dan kesejahteraan bagi rakyat thailand," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/10/2016).

Menurut Jokowi, dunia kehilangan sosok Bhumibol yang dianggap sebagai Raja sekaligus kepala pemerintahan yang dekat dengan rakyatnya. ‎"Kesederhanaan Raja Bhumibol dan perhatiannya terhadap rakyat patut kita teladani," tutur Jokowi.

(ind)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews