Medan Gemstone Fair 2015

Inilah Penampakan Batu Akik Raja dari Sumatera Selatan

Inilah Penampakan Batu Akik Raja dari Sumatera Selatan

Ini batu akik raja jenis raja spritus dari Sumatera Selatan. (foto:ist)

Medan - Batu akik raja dari Palembang, Sumatera Selatan dinyatakan sebagai pemenang kontes batu akik di Medan Gemstone Fair 2015 di Palladium Mall, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Sumut, Minggu (25/1/2015). Batu akik milik Hengki Purnomo warga DKI Jakarta itu mengalahkan 850 peserta lain. Hebat..!

Batu akik raja adalah batu yang cukup terkenal di Sumatera Selatan. Batu ini banyak terdapat di Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Batu ini terlihat seperti batu giok Aceh karena kalau disenter akan tembus dan bercahaya di dalamnya, hanya saja warnanya ada yang seperti lavender, ada juga berwarna spritus sehingga diberi nama Batu Raja Spritus, ada juga yang berwarna biru langit dan berwarna seperti warna anggur.

Jenis-jenis batu raja ini juga bermacam-macam seperti halnya giok Aceh, begitu juga harganya hampir sama dengan batu giok Aceh. Batu raja yang berkualitas super bisa dihargai hingga Rp 150 juta.

Menurut informasi, batu akik ini khususnya yang berkualitas jenis lavender dan spritus tidak ada di dasar Sungai Ogan, tetapi hanya terdapat di Desa Simpang Empat dan Desa Segara Kembang, Kecamatan Lengkiti.

Untuk mendapatkan batu akik berkualitas tersebut para kolektor harus bekerja keras menggali di daratan dengan kedalaman 3-4 meter.

(ind/bbs)

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews