Rizal Ramli Buka-bukaan Soal Hubungannya dengan Ahok

Rizal Ramli Buka-bukaan Soal Hubungannya dengan Ahok

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Mantan Menko Kemaritiman, Rizal Ramli mengaku cukup dekat dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Ahok, ia anggap sudah seperti adik sendiri. 

Dia menceritakan awal mula kedekatannya saat Ahok akan mencalonkan diri pada Pilkada DKI 2012.

"Ahok tuh kayak adik sama saya, jangan lupa. Begitu dia selesai dari bupati di Belitung, dia pengin maju jadi gubernur independen di DKI. Dia deketin tuh almarhum istri saya," ujar Rizal di rumahnya di Tebet, Jakarta Selatan, Senin (22/8/2016).

Rizal menyebut Ahok membujuk istrinya agar membantu dia berkenalan dengan Rizal. Rizal pun berkeliling Jakarta untuk mengenalkan Ahok kepada masyarakat.

"Saya keliling perkenalkan dia ke Jakarta Utara, termasuk di gereja-gereja. Ini loh namanya Ahok, belum dikenal. Bupati Belitung, tetapi orangnya oke. Jadi, hubungan kita lamalah," kata dia.

Namun, sosialisasi yang dilakukan Rizal untuk mengenalkan Ahok hanya dapat mengantongi 100.000 suara dukungan masyarakat. Ahok akhirnya mendekati Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk mengusungnya.

"Dia (Prabowo) dorong Ahok, tetapi dasar Ahok, seminggu setelah dia terpilih jadi wakil gubernur, mengumumkan di koran dia keluar dari Gerindra. Dateng aja enggak, say hello, terima kasih. Ya itulah dia," kata Rizal.

Rizal juga menyatakan, ia sering kali mengingatkan Ahok untuk berhati-hati saat berbicara. Dia meminta Ahok tidak membuat orang marah kepadanya.

"Selalu saya ingetin, Ahok jangan ngomong sembarangan. Kritis boleh, saya apa kurang kritisnya, tetapi jangan memancing kemarahan gitu loh," tuturnya.

Hingga saat ini, Rizal menyebut hubungannya dengan Ahok tetap baik. Saat keduanya bertemu, komunikasi mereka pun tetap berjalan.

"Kalau ketemu ya ketawa-ketawa, salam-salaman. Saya ini generasi Indonesia setelah merdeka. Orang beda pendapat, beda ideologi, debat, tetapi hubungan pribadi tetap aja bagus," sebut Rizal.

Dia mencontohkan tokoh-tokoh pasca-kemerdekaan yang sering kali memperdebatkan suatu permasalahan, tetapi hubungan mereka tetap baik. Tradisi itulah yang seharusnya dikembangkan menurut Rizal.

Namun, saat ini kebanyakan pihak lebih meramaikan keributan di antara tokoh-tokoh, bukan mempermasalahkan konten. Saat masih menjabat sebagai Menko Bidang Kemaritiman, Rizal memang beberapa kali bersitegang dengan Ahok terkait proyek reklamasi.

"Kalau sekarang malah diramein, 'Wah Rizal Ramli berantem dengan X, begini begitu, seru.' Yang dilihat berantemnya, bukan kontennya yang dianalisis," kata dia.

sumber: kompas.com

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews