Pascabentrok TNI-Polri di Batam

Mayjen Winston Dicopot, Mantan Dandim Batam Jadi Pangdam Bukit Barisan

Mayjen Winston Dicopot, Mantan Dandim Batam Jadi Pangdam Bukit Barisan

Mayjen Winston Simanjuntak saat memeriksa pasukan di Lapangan Merdeka, Medan. (foto:merdeka)

Medan - Pangdam I/Bukit Barisan Mayor Jenderal Winston Simanjuntak dicopot dari jabatannya. Mayjend Winston dikabarkan dicopot menyusul aksi bentrok antara anggota TNI dan Polri di Batam November 2014 lalu.

Mayjen Winston Simanjuntak baru menjabat selama 4 bulan, menggantikan Mayjen Istu Hari Subagjo, pada 5 September 2014. Dan jabatan Panglima Kodam I Bukit Barisan akan dijabat oleh Mayjen Edy Rahmayadi.

Mayjen Edy Rahmayadi sebelumnya menjabat sebagai Pangdivif-1 Kostrad. Mayjen Edy juga pernah menjabat sebagai Dandim 0316 Batam.

Disebut-sebut, Wisnston dimutasi terkait kasus bentrokan TNI-Polri di Batam, akhir tahun lalu. Winston selanjutnya akan menduduki jabatan baru sebagai Staf Ahli Kasad. 

Pangdam I/BB yang membawahi empat Provinsi Sumatera bagian utara, meliputi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepuluaan Riau.

Tak hanya Pangdam I/BB yang dimutasi. Berdasarkan Keputusan Panglima TNI No. Kep/42/I/2015 tanggal 19 Januari 2015. Sebanyak 47 perwira tinggi (Pati) TNI yang juga dimutasi. Dari jumlah itu, 20 Pati dari Angkatan Darat (AD), 2 Pati dari Angkatan Laut (AL), dan 25 Pati dari Angkatan Udara (AU). Di situs TNI disebutkan, mutasi besar-besaran itu untuk pembinaan.

TNI Angkatan Darat sebanyak 20 Pati, terdiri dari Mayjen TNI Zahari Siregar dari Danpusterad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pansiun), Mayjen TNI Meris Wiryadi, S.I.P dari Pangdam XVI/Ptm menjadi Danpusterad, Mayjen TNI Wiyarto, S.Sos. dari Aster Kasad menjadi Pangdam XVI/Ptm.

Mayjen TNI Winston Simanjuntak dari Pangdam I/BB menjadi Staf Khusus Kasad, Mayjen TNI Edy Rahmayadi dari Pangdivif-1 Kostrad menjadi Pangdam I/BB, Brigjen TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A. dari Kasdam V/Brw menjadi Aster Kasad.

Brigjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau dari Wadanpussenif Kodiklat TNI AD menjadi Kasdam V/Brw, Brigjen TNI Lodewyk Pusung dari Kasdam VI/Mw menjadi Pangdivif-1 Kostrad, Brigjen TNI George Elnadus Supit dari Waasops Kasad menjadi Kasdam VI/Mw.

Brigjen TNI Imam Soepriyanto dari Dir A Bais TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Eriet Hadi Uriyanto dari Dansatintel Bais TNI menjadi Dir A Bais TNI, Brigjen TNI Teddy Lhaksmana W.K. dari Kasdam Jaya menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Ibnu Tri Widodo, S.I.P. dari Kasgartap I/Jakarta menjadi Kasdam Jaya, Brigjen TNI Edy Sumardi, S.I.P dari Dirbinjemen Sesko TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

Kolonel Inf Herman Asaribab dari Pamen Denma Mabesad menjadi Wadanpussenif Kodiklat TNI AD, Kolonel Inf Muslimin Akib dari Paban III/Siapsat Sopsad menjadi Waasops Kasad, Kolonel Inf Hendri Paruhuman Lubis dari Pamen Denma Mabesad menjadi Dansatintel Bais TNI, Kolonel Inf Santos Gunawan Matondang, S.I.P., M.M. dari Danrem 023/KS Kodam I/BB menjadi Wadanjen Kopassus, Kolonel Inf Ainurrahman dari Danpusdikif Pussenif Kodiklat TNI AD menjadi Kasgartap I/Jakarta, Kolonel Inf Mohamad Sibli Mutfi dari Pamen Denma Mabesad menjadi Dirbinjemen Sesko TNI.

(her)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews